by

Mendagri Tito Ke Desa Wisata Bawomataluo


Kab. Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id Menteri Dalam Negeri RI Prof. H.M. Tito Karnavian Ph.D kunjungi Kepulauan Nias. Maksud dan tujuan kunker Mendagri ini adalah  memantau pembangunan yang dilaksanakan di seluruh Kepulauan Nias serta bertemu langsung dengan para Tokoh dan masyarakat Kepulauan Nias.

Dalam kunjungan kerjanya, Senin (09/12/2019), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyempatkan diri berkunjung di Desa Pariwisata Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri ini disambut hangat oleh masyarakat Desa Bawomataluo menyambut dengan menyuguhkan berbagai acara adat  layaknya  menyambut kedatangan seorang raja pada zaman dahulu kala menurut adat Desa Bawomataluo.

Masyarakat Nias Selatan lainnya berbondong-bondong mendatangi tempat berkunjungnya Menteri Tito Karnavian untuk melihat secara langsung  Prof. H.M. Tito Karnavian Ph.D di Bawomataluo sebagai Desa Cagar alam.

Ketua adat Bawomataluo Mowa’a Wau menyambut Menteri bersama masyarakat, Pelajar dan Pegawai Negeri di lingkup Kabupaten Nias Selatan. Selanjutnya melaksanakan rapat adat dan memberi nama penghormatan kepada Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian dengan nama Tuha “Gari Si Falago Bawa” (parang bermata dua).

Sekaligus penyematan baju adat kebesaran Nias Selatan sebagai bapak terhormat Desa Bawomataluo (Nias Selatan) disematkan langsung oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, M.H.

Di depan rumah adat Bawomataluo, acara adat dilangsungkan. Acara ini dihadiri Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, Ketua Umum Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias Christian Zebua, Kapolda Sumut, Kapolres Nias Selatan, Dandim Nias, Koramil Telukdalam,Tokoh agama, Tokoh adat desa Bawomataluo , serta ratusan masyarakat sekitar Kecamatan Fanayama Nias Selatan.

 


Comment

Related Post