by

Mencegah Penularan Covid-19, Kemag Ajak Semua Masyarakat Berdoa dari Rumah

-Agama-71 views

Jakarta, Mimbar Bangsa – Kementerian Agama (Kemag) mengajak semua masyarakat berkerja sama dalam pencegahan wabah Covid-19. Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kemag, Kamaruddin Amin mengatakan, Kemag telah mengeluarkan surat edaran (SE) untuk mengajak semua umat Islam pada bulan suci Ramadan untuk tetap berada di rumah.

Kamaruddin menuturkan, beribadah dari rumah sesuai dengan fiqih puasa, maka sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti. Hal ini juga berlaku untuk salat tarawih juga dilaksanakan di rumah masing-masing.

“Kami berharap semua umat Islam tetap jaga bersama social distancing agar kita berperang memerangi Covid-19 ini. Mudah-mudahan ibadah ini tidak mengurangi kualitas kita, pahala kita. Karena kita dalam keadaan darurat, Allah SWT sangat memahami,” kata Kamaruddin dalam konferensi pers daring tentang Bagaimana Ibadah Masal: Paskah, Tarawih, Berdoa ke Pura Virtual di kantor Graha BNPB, Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Pendapat senada juga disampaikan oleh Plt Direktur Urusan Agama Katolik, Bimas Katolik, F.X Rudy Andrianto. Pihak gereja Katolik Indonesia telah resmi meniadakan semua kegiatan keagamaan bersifat mengumpulkan umat. Dalam hal ini, kegiatan keagaman dilakukan dengan mengunakan layanan virtual atau daring.

Seruan serupa juga disampaikan oleh Sekretaris Ditjend Bimas Budha Kemag, Nyoman Suriadarma. Dalam hal ini, Nyoman menuturkan, umat Budha akan melaksanakan Hari Raya Waisak pada 7 Mei 2020. Namun untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, semua umat diajak merayakan masing-masing dari rumah.

Hal sama juga berlaku untuk segala kegiatan ibadah di hari Minggu dilakukan di rumah masing-masing, demikan juga kegiatan sekolah minggu.

“Tiga poin ini penting untuk bentengi Covid-19, kita dapat melakukan kegiatan ibadah dengan bermediasi berbagai cara seperti media sosial,” ujarnya.

Sumber: BeritaSatu .com

Comment

Related Post