by

Masyarakat Nias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Gedung Presisi Polresta Tangerang

Tangerang, MimbarBangsa.co.id — Sebanyak 50 orang masyarakat Nias di wilayah hukum Polresta Tangerang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Gedung Presisi Polresta Tangerang, Senin (23/8/2021). Guna mencegah penyebaran Covid-19, vaksinasi dilaksanakan dengan protokol kesehatan, di mana setiap peserta wajib memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

 

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengatakan, sebelum di vaksin, tim medis terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap masing-masing peserta vaksinasi, hal ini bertujuan untuk menentukan kelayakan peserta dalam menerima vaksin.

 

“Mulai dari pengecekan suhu tubuh, tekanan darah, hingga riwayat kesehatan. Untuk peserta hari ini semuanya menerima vaksin dosis pertama, yang disuntikkan adalah vaksin jenis Sinovac,” ujar Wahyu saat meninjau vaksinasi di Lantai 3 Gedung Presisi Polresta Tangerang.

 

Dia menyampaikan, vaksinasi ini merupakan salah satu upaya Polresta Tangerang dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 sekaligus mendukung percepatan pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity). Oleh karena itu, beberapa saat setelah menerima permohonan pelayanan vaksinasi Covid-19 dari organisasi Pemuda Peduli Nias, Wahyu langsung memerintahkan jajaran Urkes Polresta Tangerang untuk menjadwalkan vaksinasi bagi masyarakat Nias.

 

“Ini menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk divaksin sangat tinggi dan tidak terpengaruh isu-isu hoaks terkait vaksinasi Covid-19. Selain memberikan pelayanan vaksinasi, kami juga membagikan masker kepada peserta,” kata dia.

 

Meski sudah divaksin, tegas dia, masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker dengan benar, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau aktivitas di luar rumah.

 

“Saya juga mengajak organisasi Pemuda Peduli Nias untuk terus menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai manfaat vaksinasi, disiplin protokol kesehatan, serta mendukung dan mematuhi kebijakan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat),” ucap Wahyu.

 

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Pemuda Peduli Nias Provinsi Banten Rahmat Halawa memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas atensi Kapolresta Tangerang, sehingga vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Nias dapat terlaksana sesuai harapan. Terlebih vaksinasi tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan termasuk tidak menimbulkan kerumunan.

 

“Proses vaksinasi seperti ini patut menjadi contoh bagi penyelenggara vaksinasi Covid-19 di tempat lain. Tiap antrean paling banyak 10 orang, itu harus selesai semua terlebih dahulu baru dipanggil antrean selanjutnya. Screening juga tidak hanya asal jadi, tetapi benar-benar mendetail,” kata Rahmat.

 

Dia menyebut, Pemuda Peduli Nias sudah tiga kali mengoordinasi vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Nias di Tangerang Raya. Setelah mendapat rekomendasi dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Peduli Nias Evan Zebua, pada tahap pertama dilakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang. Alhasil, pada Juli 2021 telah terlaksana vaksinasi bagi masyarakat Nias di RSUD Balaraja.

 

Tahap kedua, vaksinasi dilaksanakan di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, belum lama ini. Kegiatan tersebut terealisasi berkat dukungan dari Polisi Ono Niha. Di mana, beberapa waktu lalu Ketua Umum Polisi Ono Niha Brigjen Pol Bahagia Dachi bersama Ketua Harian Polisi Ono Niha AKBP Dasar Iman Zebua mengimbau pengurus Pemuda Peduli Nias untuk melakukan pendataan peserta vaksinasi Covid-19.

 

“Kebetulan di Tangerang Raya ini masih banyak masyarakat Nias yang belum divaksin, sebagian karena alasan ber-KTP luar daerah dan ada juga yang takut disuntik. Oleh karena itu, melalui program seperti ini diharapkan pembentukan kekebalan kelompok dapat segera tercapai,” pungkas Rahmat.

( F4T1 L )

Comment

Related Post