by

Ma’ruf Amin: Tak Ada Fatwa MUI yang Larang Ucapkan Natal


Jakarta, MimbarBangsa.co.id Wapres Ma’ruf Amin menanggapi pro kontra tahunan soal apakah ucapan selamat Natal oleh umat Islam diperbolehkan atau tidak. Menurut Ma’ruf, polemik ini tak usah dipertajam, Sebab, kata dia, prinsipnya ada pemahaman yang memperbolehkan untuk mengucapkan, dan ada yang tidak.

“Dulu kan sudah jelas bahwa mengucapkan Natal itu, ada yang membolehkan dan ada yang tidak membolehkan. Karena itu pulang kepada masing-masing,” ujar Ma’ruf di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (28/11).

Menurut Ma’ruf, jika merujuk MUI, maka tidak ada fatwa MUI yang melarang pengucapan selamat Natal. Sehingga, Ma’ruf mengembalikan ke masing-masing umat Islam.

“Tidak ada Fatwa MUI yang mengatakan tidak boleh, yang tidak boleh itu kalau ikut ritualnya dan mengucapkan itu, ada perbedaan pendapat. Bahkan ulama Mesir membolehkan,” ujar Ketum MUI nonaktif itu.

Ma’ruf meminta umat Islam tak perlu mempermasalahkan ucapan Natal. Terserah keyakinan masing-masing.

“Tidak perlu ditajam-tajamkan. Kembali saja ke masing-masing. Mau mengucapkan silakan, kalau tidak, tidak masalah. Enak gitu, dibikin enak sajalah,” tutup Ma’ruf.

Sumber: KUMPARAN


Comment

Related Post