by

Mareko Zebua : Kewenangan Wakil Bupati di Atur Oleh UU, Tidak Perlu di Lakukan pembagian


Nias Barat, Mimbar Bangsa- Calon Wakil Bupati Nias Barat Nomor Urut 2 Mareko Zebua, SH., yang berpasangan dengan Calon Bupati Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si, mengatakan tidak pernah direkomendasi undang-undang mengenai pembagian kewenangan Bupati dan Wakil Bupati, karena sudah jelas di atur dalam UU No. 23 Tahun 2014 Pasal 66.

Hal itu dikatakannya pada saat Debat Publik Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh KPU Nias Barat di Hall Tokosa Nias Barat, Selasa (17 November 2020).


Berawal dari pertanyaan Mareko Zebua kepada Calon Wakil Bupati Nomor Urut 1 Dr. Era-Era Hia, mengenai sikapnya sebagai Calon Wakil Bupati apabila terpilih, karena wakil bupati tidak memiliki stempel sebagaimana di ungkapkan Wakil Bupati saat ini (Khenoki Waruwu) di berbagai  media dan pidato di depan umum bahwa Wakil Bupati tidak memiliki stempel sehingga tidak maksimal memajukan daerah.

Menjawab pertanyaan itu Calon Wakil Bupati Nomor Urut 2 Dr. Era-Era Hia mengatakan tentang pembagian kewenangan yang telah ia sepakati bersama khenoki dan menyarankan Mareko Zebua untuk membuat kesepakatan sebagaimana yang telah mereka buat.

“Kalau kami, kami sudah sepakati mengenai pembagian kewenangan. mungkin Pak Eliyunus (Calon Bupati Urut 2) belum memberikan kepada bapak itu, sebelum Pilkada saya sarankan supaya bapak buat itu, kesepakatan itu supaya nanti tidak ditinggalkan, “Jawab Era-Era”.

Menjawab pernyataan itu, Mareko Zebua  merasa pernyataan Era-Era Hia aneh, karena kewenangan Wakil Bupati diatur dalam kesepakatan, tidak berdasar Undang-Undang lagi. dengan hal itu Mareko merasa ada udang dibalik batu.

“Pantaslah terjadi kekeliruan selama ini, karena sesungguhnya tugas dan tanggunjawab wakil bupati itu sudah di atur dalam undang-undang, sehingga tidak pernah di rekomendasikan pembagian kewenangan, kenapa ditambah-tambah itu, jangan-jangan saudara kedepan menanyakan stempel, “Kata Mareko merasa ada yang janggal mengenai pernyataan Era-Era. (TMC ELMAR


Comment