by

Manfaat Spirulina, Si Superfood untuk Cegah Penuaan Dini

MimbarBangsa.co.id – Spirulina atau yang biasa disebut super food karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya ini ternyata bisa dipakai untuk skincare! Selain itu, ada lebih dari 18 jenis asam amino, vitamin, protein dan zat besi di dalamnya. Warna hijau kebiruan Spirulina berasal dari chlorophyll yang juga ampuh untuk mendetoksifikasi racun serta meningkatkan imun dalam tubuh. Kalau beberapa tahun lalu, masker spirulina sempat menjadi tren, saat ini banyak produk skincare yang mengandung spirulina di dalamnya. Ini dia 3 manfaat penting spirulina bagi kulit yang harus kamu ketahui!

1. Melembapkan kulit

Penyebab kulit menjadi kering dan kusam ternyata dipicu dari berbagai sumber. Apalagi ketika bulan puasa, tubuh akan mengkonsumsi air dengan jumlah yang lebih sedikit dari biasanya. Diet yang tidak sehat, polusi serta paparan sinar matahari berlebih bisa membuat kulit menjadi kering, lho. Akibatnya kulit tidak memiliki hidrasi yang cukup dan bisa merusak skin barrier.


Spirulina dimanfaatkan dalam produk moisturizer karena mengandung Vitamin E dan C yang membuat kulit semakin terhidrasi! Salah satu produk yang bisa kamu coba adalah Earth Harbor Mermaid Milk Nutrient Glow Moisturizer yang sudah dilengkapi dengan spirulina di dalamnya. Produk ini bisa melembapkan dan memperbaiki tekstur kulit serta mudah menyerap. Finish yang diberikan juga demi-matte sehingga kulit wajah akan lebih sehat.

2. Mencegah penuaan dini

Penyebab terjadinya penuaan bisa bermacam-macam, mulai dari sinar UV, usia hingga produksi kolagen yang mulai menurun. Paparan sinar UV matahari juga bisa mempercepat penuaan dini dengan cara memecah kolagen yang bisa merusak serat elastin pada bagian kulit terdalam (dermis). Untuk itu, antioksidan sangat diperlukan untuk mencegah penuaan dini. Spirulina dapat menghasilkan Phycocyanin yang memproduksi antioksidan serta mencegah radikal bebas.

Spirulina juga ampuh untuk mencegah meningkatnya produksi melanin yang memicu flek pada wajah. Kandungan Vitamin A di dalamnya juga ampuh untuk meningkatkan elastisitas kulit. Untuk itu penting juga menggunakan sunscreen setiap hari sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Usahakan juga untuk re-apply selama 3-4 jam sekali untuk proteksi yang lebih maksimal.

3. Mencerahkan wajah

Banyak masker spirulina yang digunakan untuk mencerahkan sekaligus mendetoks kulit. Kandungan Vitamin C dalam spirulina juga baik untuk menyamarkan noda bekas jerawat, lho. Selain itu proses metabolisme kulit akan menjadi lebih cepat sehingga sel-sel kulit mati bisa tergantikan dengan sel kulit baru. Kamu bisa membuat masker spirulina sendiri untuk efek mencerahkan sekaligus melembapkan!

Pertama, kamu hanya perlu menyiapkan 1 sdm madu dan 1 sdm bubuk spirulina. Campurkan kedua bahan ini ke dalam mangkuk dan aduk hingga menyerupai pasta. Aplikasikan pada wajah dan leher lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk perlahan menggunakan handuk lembut. Kamu bisa pakai masker ini baik untuk pagi atau malam hari.

Itu tadi beberapa manfaat spirulina, si super food yang multifungsi. Adakah produk berbahan spirulina yang sudah pernah kamu coba? Boleh share di bawah ini, ya!

 

Sumber: Detik.com




Comment