by

Liverpool vs Aston Villa, The Reds Kembali Ke Posisi Empat Besar

Sepakbola, MimbarBangsa.co.id – Liverpool menjamu Aston Villa di pekan ke-31 dalam lanjutan Liga Premier Inggris 2020/2021 yang berlangsung di Anfield Stadium, Sabtu (10/04/2021).

Sebelumnya, Liverpool sempat mengalami pesakitan setelah beberapa hari yang lalu mengalami kekalahan pahit melawan Real Madrid di Liga Champions. Anak asuh Jurgen Klopp dituntut untuk menang jika ingin tetap berada di jalur empat besar Liga Inggris.


Hal itu sangat penting, mengingat kans Liverpool untuk berlaga di Liga Champions musim depan akan sirna apabila mereka finish di luar posisi empat besar.

Jalannya Pertandingan

Liverpool sangat pede saat menghadapi Aston Villa dalam duel balas dendam kali ini, mengingat Liverpool sempat di permalukan saat dijamu Aston Villa pada putaran pertama Liga Inggris 2020/2021.

The Reds (julukannya Red) benar – benar menunjukkannya, terbukti di awal laga mereka sempat membuat kiper Aston Villa, Emiliano Martinez harus berjibaku saat melompat untuk menepis tendangan dari Salah, beruntung tendangannya masih melenceng ke sudut kanan gawang.

Berjalan seperempat pertandingan, Liverpool sukses membuat pemain Aston Villa kelabakan, terlihat penguasaan bola di dominasi Liverpool dengan 70 – 30 untuk Aston Villa.

Sempat terus menyerang, membuat bek Liverpool lengah. Penyerang Aston Villa, Ollie Watkins dengan dengan sekali sentuhan berhasil menyarangkan gol ke gawang Liverpool yang di kawal Allison Becker pada menit ke-43, skor 0 – 1 untuk keunggulan Aston Villa.

Keunggulan Aston Villa tak berselang lama karena Liverpool berhasil menyamakan kedudukan pada tambahan waktu babak pertama melalui Firminho.

Tapi sayangnya, gol dari Firmino dianulir wasit lantaran Diogo Jota berada dalam posisi offside sebelum menghasilkan kemelut di depan gawang Martinez.

Babak ke Dua

Memasuki babak ke dua, anak asuh Jurgen Klopp tetap kembali menampilkan permainan menyerang. Penguasaan bola kembali dimenangkan Liverpool dengan 70 berbanding 30 milik Aston Villa.

Terus menerus menyerang akhirnya gol yang ditunggu – tunggu oleh Liverpool datang juga, adalah Mohamed Salah yang dengan sentuhan magisnya berhasil menjebol gawang Emiliano Martinez di menit ke-57 dan membuat dirinya berhasil mencetak gol ke 19 musim ini.

Salah berhasil menyarangkan gol setelah memanfaatkan kelengahan dari bek lawan, skor imbang 1-1 membuat pertandingan menjadi sengit.

Setelah hampir 30 menit terjadi jual beli serangan antara Liverpool dan Aston Villa. Akhirnya gol penutup sekaligus yang akan memberikan kemenangan jatuh ke pelukan Liverpool.

Alexander Arnold menjadi juru kunci kemenangan Liverpool setelah berhasil membuat kiper Aston Villa kembali harus memungut bola dari gawangnya pada injury time babak ke dua, yaitu menit ke 90+1. Gol ini menjadi sebuah pembuktian oleh Alexander Arnold, sekaligus sentilan untuk pelatihnya di Timnas Inggris Gareth Southgate yang tidak memasukkan namanya di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.

Dengan kemenangan 2-1 melawan Aston Villa membuat Liverpool kini berada di posisi 4 besar dalam tabel klasemen sementara liga.

Liverpool berhasil menggeser posisi West Ham yang baru akan bertanding melawan Leicester keesokan harinya. Namun posisi Liverpool masih belum aman, mengingat Chelsea juga sedang bertanding melawan Crystal Palace dan berharap kemenangan untuk menggeser posisi Liverpool satu strip ke bawah.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3) Alisson, Trent Alexander-Arnold, Nathaniel Phillips, Ozan Kabak (89′ Xhaqiri), Andy Robertson, James Milner, Fabinho, Georginio Wijnaldum (70′ Thiago), Mohamed Salah, Roberto Firmino, Diogo Jota.

Pelatih: Jurgen Klopp

Aston Villa (4-2-3-1): Emiliano Martinez, Matty Cash, Ezri Konsa Ngoyo, Tyrone Mings, Matt Targett, Douglas Luiz, Marvelous Nakamba [66′ Barkley]; Bertrand Traore (68′ El Ghazi), John McGinn, Trezeguet (82′ Ramsey), Ollie Watkins.

Pelatih: Dean Smith

 

Editor : Aldo M

Comment

Related Post