by

Kursi Menkes Diprediksi Kena Reshuffle

-Berita-30 views

Jakarta, Mimbar Bangsa – Sejumlah nama santer dikaitkan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang segera dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada isu Hasto Wardoyo bakal menjadi Menteri Kesehatan. Apa kata PDIP?

“Wah saya nggak tahu nih (Hasto Wardoyo jadi kandidat Menkes). Sekarang ini kan banyak sekali informasi simpang siur. Itu kan cuma isu saja. Jadi ya boleh-boleh saja,” kata Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat, Selasa (22/12/2020).


Djarot mengungkapkan PDIP memiliki kader yang banyak. Ia menilai para kader PDIP bisa membantu pemerintahan Presiden Jokowi.

“Artinya begini loh, PDI Perjuangan itu mempunyai stok yang sangat banyak untuk bisa membantu keberhasilan dari Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf Amin, untuk bisa membawa Indonesia ini betul-betul tahun depan bisa mengatasi COVID-lah, sama menggerakkan ekonomi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Djarot menilai Hasto Wardoyo sebagai sosok yang berhasil saat menjabat Bupati Kulon Progo. Ia juga menilai Hasto Wardoyo juga berkinerja baik saat menjabat Kepala BKKBN.

“Pak Hasto Wardoyo baik, bagus. Kerjanya juga bagus, sebagai bupati juga bagus berhasil sebagai bupati di Kulon Progo yang sekarang ada airport-nya ya. Sebagai bupati bagus. Sebagai Kepala BKKBN bagus kalau menurut saya selama ini, sangat komunikatif. Jadi beliau sebagai kepala BKKBN baguslah,” ungkapnya.

Kendati demikian, Djarot enggan memberi penilaian apakah Hasto Wardoyo cocok menjadi Menkes dalam isu reshuffle kabinet. Ia hanya menegaskan kader-kader PDIP berintegritas dan pekerja keras.

“Kalau masalah seperti itu (apakah cocok jadi Menkes) kok ditanyakan ke saya,” ujarnya.

“Kalau saya sih Bu Risma bagus, Pak Hasto bagus. Siapa lagi yang dari PDIP, baguslah. Karena saya kenal beliau-beliaunya itu. Bagus, berintegritas, pekerja keras,” imbuhnya.

Untuk diketahui, kursi Menteri Kesehatan (Menkes) dinilai lemah dan berpotensi terkena reshuffle kabinet. Beberapa nama tokoh pun dianggap layak menjadi pengganti Menkes Terawan Agus Putranto.

“Nah posisi menteri-menteri lain kan sering dianggap kontroversial kan seperti atau dianggap cukup lemah ya seperti menteri perdagangan, lalu kemudian menteri kesehatan, ya itu, atau Menteri Agama. Nah itu menteri-menteri yang menurut saya cukup rentan untuk bisa saja dilakukan reshuffle,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Kabar burung menyebut Wamen BUMN Budi G Sadikin akan mengisi jabatan Menkes. Yunarto sendiri melihat Wamen BUMN Budi G Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo memiliki kinerja baik serta banyak yang memprediksi salah satu dari mereka bisa menempati kursi Menkes.

“Lalu saya menduga nama besar Tiko dan Budi Sadikin membuat salah satunya bisa menempati pos menteri. Tapi saya nggak tahu. Yang beredar Menkes, seperti kita tahu ya,” tuturnya.

 

 

 

 

Sumber: Detikdotcom


Comment