by

KPU Nias Selatan Gelar Uji Publik DPS Pilkada Nias Selatan 2020


Nias Selatan, Mimbar Bangsa KPU Nias Selatan Gelar Uji Publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2020 yang dilaksanakan di SEM Hotel, Senin (28/9/2020).

Dalam Pelaksanaan Uji Publik DPS tersebut, dihadiri oleh Bawaslu Nias Selatan, Perwakilan Dinas Dukcapil Nias Selatan, Tim Kampanye masing-masing Pasangan Calon, Pimpinan Parpol dan Tim Penghubung (LO), Jaringan Demokrasi Nias Selatan (JaDi), Ketua PPK se-Kabupaten Nias Selatan Media/Pers.
Repa Duha (Ketua KPU Nias Selatan) menyampaikan bahwa Uji Publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2020 ini, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2020 Psl. 17A setiap KPU Kabupaten/Kota, dapat melakukan Uji Publik DPS dengan dibantu oleh PPK dan PPS serta melibatkan Pihak yang berkepentingan untuk mendapatkan masukan dan tanggapan atas proses Penyusunan DPS saat ini agar warga dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan serentak Rabu, 9 Desember 2020.
Dimana timeline Penyusunan Daftar Pemilih termasuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sudah di umumkan oleh KPU Nias Selatan Pasca Penetapan DPS yang dilaksanakan pada Tanggal 10 September 2020 yang lalu. Sasaran dan target dalam Uji Publik ini adalah Pemilih yang belum terdaftar, Pemilih salah elemen data, dan pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai mana pada pasal 18 ayat (2) PKPU 19/2020 untuk dikoreksi dan diperbaharui atas masukan dari peserta yang hadir.
Semangat Uji Publik adalah menjadikan masyarakat lebih Proaktif dalam melihat, memeriksa, mencocokan, data pemilih yang telah diumumkan oleh KPU Nias Selatan di setiap Desa/Kelurahan se-Kabupaten Nias Selatan.
Sebagaimana KPU Nias Selatan telah membuka Posko Layanan Tanggapan Masyarakat terhadap DPS di masing-masing 461 Desa/Kelurahan, 35 PPK Kecamatan dan di kantor Sekretariat KPU Nias Selatan Jln. Pelita – Pasir Putih Nomor. 10 Kelurahan Pasar Teluk Dalam yang dimulai tanggal 19 September s.d. 28 September 2020.
KPU Nias Selatan sangat berharap kepada berbagai pihak-pihak terkait termasuk peserta yang hadir dari Bawaslu Nias Selatan, Tim Kampanye masing-masing Pasangan Calon, Pimpinan Parpol, dan Tim Penghubung (LO), dengan dilaksanakannya Uji Publik ini dapat memberikan masukan dan koreksi perbaikan data pemilih terhadap Pemilih yang belum terdaftar, Pemilih salah elemen data, dan pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) demi melahirkan daftar pemilih yang berkualitas, tepat dan akurat. “Oleh karena itu kami juga sangat berharap kepada masyarakat Nias Selatan agar ikut berperan serta dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada khususnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan tahun ini, dengan mengecek namanya di masing-masing di kantor PPS Desa/Lurah terdekat atau di tempat-tempat umum yang mudah dijangkau oleh masyarakat umum” harap Repa. (Humas, Red.)


Comment