by

Ketua Fraksi Partai Republik Putuskan Akan Bebaskan Trump

-Amerika-40 views

Washington DC, Mimbar Bangsa  – Senator Mitch McConnell, yang mengepalai Fraksi Partai Republik di Senat, memutuskan akan memberi suara untuk membebaskan mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam sidang pemakzulan, Sabtu (13/2/2021).

Dalam surel internal yang dibocorkan ke media, McConnell menginformasikan kepada para koleganya bahwa Senat tidak punya yurisdiksi atau kewenangan hukum untuk menyidangkan Trump dengan tuduhan menghasut aksi pemberontakan, terkait kerusuhan di Gedung Capitol 6 Januari lalu.


Namun, McConnell juga menyebutkan keputusan itu diambil setelah berpikir keras.

McConnell sebelumnya dikenal sebagai pendukung setia Trump, tetapi hubungan mereka memburuk ketika McConnell akhirnya mengakui kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden, setelah pada pertengahan Desember seluruh negara bagian berkumpul dan menyerahkan hasil suara elektoral yang memastikan kemenangan kandidat Partai Demokrat tersebut.

Trump sampai saat ini berkeras menolak mengakui kemenangan Biden dan meyakini bahwa ia telah dicurangi di sejumlah negara bagian yang menjadi penentu.

Jika Trump dibebaskan dari dakwaan pemakzulan, ini akan mengulangi kisah 2019 ketika ia juga dimakzulkan karena meminta bantuan Ukraina untuk mendiskreditkan Biden.

Trump adalah presiden pertama dalam sejarah Amerika yang dimakzulkan dua kali.

Partai Demokrat butuh 17 suara dari Partai Republik untuk bisa memberi vonis bersalah kepada Trump dalam sidang kali ini, yang sudah memasuki hari kelima.

 

Sumber: BeritaSatu

Comment

Related Post