by

Ketua DPRD “Bolos,” P-APBD Nias Utara Ditetapkan

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id — Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Nias Utara TA. 2021 disahkan, dengan dihadiri Fraksi PAN, Gerindra, PKPI, Nasdem dan Hanura. Sementara ketua DPRD Nisut, Sukanto Waruwu tidak hadir alias bolos.

Wakil Ketua DPRD Nisut, Noferman Zega ketika ditemui di kediamannya di Lotu, Sabtu (24/9/2021) membenarkan hal itu bahwa penetapan telah dilakukan pada Kamis (23/9/2021).

Dikatakan, sebelum mengambil keputusan untuk menetapkan P-APBD di DPRD, Fraksi PAN, Gerindra, PKPI-Nasdem dan Hanura telah menyampaikan pendapat akhirnya, sedangkan Fraksi Golkar, PDI Perjungan malah tidak hadir hingga penetapan.

Ia juga mengatakan, dirinya sebagai  pimpinan rapat sempat menunda sidang sebanyak dua kali karena belum quorum, hingga akhirnya rapat penetapan memenuhi syarat.” tutur Noferman.

Ketidakhadiran ketua DPRD Nias Utara pada agenda rapat penting itu menuai kecaman dari berbagai kalangan, salah seorang warga asal Kecamatan Lotu yang tidak mau ditulis namanya, mengaku heran dan kecewa atas ketidakhadiran ketua DPRD Nias Utara, Sukanto Waruwu dalam rapat penting seperti ini.

“Saya merasa sangat kecewa atas ketidakhadiran ketua DPRD Nias Utara, Sukanto Waruwu. Ini rapat penting dan kepentingan kita bersama serta kepentingan masyarakat Nias Utara, tapi malah tidak hadir. Kapan lagi beliau memperjuangkan aspirasi kami kalau bukan di rapat-rapat penting seperti ini?. Beliau itu kan ketua DPRD Nias Utara bukan ketua DPRD Partai.” Cetusnya.

Menyikapi ketidakhadiran ketua DPRD Nisut pada rapat paripurna dimaksud, Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu S.Pd. mengatakan bahwa Ia sangat menghormati langkah dan keputusan politik yang di ambil oleh ketua DPRD dan Fraksinya, namun sebaiknya hal ini perlu disampaikan alasan agar pemerintah daerah dan masyarakat tahu. Terlebih pimpinan dan anggota DPRD yang hadir pada saat paripurna itu tidak ada yang tahu dan mengerti apa alasan ketidakhadiran mereka.

“Pemerintah Daerah sangat membuka diri apabila ketua DPRD dan Fraksinya dapat menjelaskan persoalannya sehingga dapat kita duduk bersama.” ucap Bupati

Menurut catatan dari Sekretariat Dewan di DPRD Nias Utara, daftar hadir pada rapat telah ditandatangani dan telah memenuhi quorum,” ucap Plt. Setwan Saptipas Zalukhu

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari Ketua DPRD Nias Utara, Sukanto Waruwu yang dikonfirmasi via WhatsApp pribadinya. (Anuari Zendrato)

Comment

Related Post