by

Kerjasama Polsek Pabuaran dan BPBD, Selenggarakan Pelatihan dan Simulasi Damkar


 

Kota Serang, Mimbar Bangsa Polsek Pabuaran Polres Serang Kota Polda Banten, kerjasama dengan BPBD Kab.Serang selenggarakan pelatihan dan simulasi terkait damkar. Kamis, 24/07/20.


Simulasi pemadaman api/kebakaran

Fenomena alam terus bergerak dan dapat berakibat terjadinya bencana alam, kepanikan dan adanya korban atau kerugian, sehingga perlu langkah mitigasi dan keamanannya.

Selaras dengan itu, sebagai upaya koordinasi dan antisipasi, Kapolsek Pabuaran inisiatif dan buat terobosan jalin kerjasama dengan BPBD Kab.Serang selenggarakan program pelatihan dan simulasi penanggulangan bencana khususnya penanganan kebakaran.

Dikatakan AKP Yudha, tema kegiatan ini yaitu “Perkuat Sinergitas dan Kapabilitas Menuju Indonesia Aman dan Produktif”.

Tujuan diadakan pelatihan dan simulasi itu yakni “pererat sinergitas dengan instansi terkait, edukasi dan tanggap bencana serta pedoman cara bertindak dalam penanganan kejadian kebakaran”, tambahnya AKP Yudha.

Tampak hadir di Polsek Pabuaran, sebagai peserta yang berkompeten antara lain Bhabinkamtibmas, Staf Kecamatan, Babinsa, Staf Puskesmas, Staf KUA serta Kades dan Perangkat, berikut materi yang disajikan Tim BPBD meliputi pedoman dan praktek penanganan bencana kebakaran.

Sejenak saat kegiatan, dikatakan Yusan Kabid Damkar dan Edi Sekdes Pabuaran, “kami bangga dan apresiasi inisiatif dan kreatifitas pak Kapolsek, hal ini telah beri manfaat ilmu dan pererat silaturahmi serta kegiatan ini baru pertama kali diadakan di Kec.Pabuaran”.

Di sela aktifitas, disampaikan AKBP Yunus Hadith Pranoto, SIK, M.Si melalui AKP Yudha Hermawan, SH, MM kepada awak media, bahwa kegiatan ini merupakan wujud kontribusi Polri, bernilai strategis serta sebagai upaya mitigasi dan niscaya manfaat bagi elemen pemerintahan dan masyarakat.

Dengan perkuat sinergitas dan kapabilitas demi terjaganya kamtibmas, masyarakat yang tanggap dan produktif serta terhindar dari dampak bencana alam yang signifikan.

Selanjutnya hasil pelatihan dan simulasi yang didapat oleh para peserta, bisa disosialisasikan dan motivasi untuk edukasi, antisipasi dan partisipasi agar berkembang potensi pada diri seluruh komponen masyarakat, pungkasnya. (FN)


Comment