by

Keren! Jualan Sambal Online, Pria Ini Hasilkan Rp 3,5 M Dalam 3 Bulan

-Bisnis-141 views

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Karena ketekunan dan kegigihannya menjual satu jenis sambal di toko online. Pria ini hasilkan Rp 3,5 miliar dalam waktu 3 bulan sejak berjualan.

Toko online dipilih banyak orang untuk memasarkan produk mereka. Walau sering dianggap sebagai hal kecil, ternyata jualan makanan online ini bisa menghasilkan uang miliaran rupiah jika ditekuni dengan sungguh-sungguh.


 

Seperti kisah penjual sambal online asal Malaysia bernama Khairul Aming. Lewat Twitternya @khairulaming (29/04), pria yang aktif membagikan resep masak di YouTube dan Instagram ini membagikan kisah suksesnya jualan sambal di toko online.

“Setelah 3 bulan lebih Sambal Nyet dijual. Alhamdulillah hari ini kita berhasil menjual sambal dengan total RM 1 juta (Rp 3,5 miliar). Saya sudah berkorban banyak untuk bisa dalam tahap sekarang. Saya harap ayah saya masih ada untuk bisa menyaksikan semua ini,” tulis Khairul, yang cuitannya ini langsung viral.

Lewat platform e-commerce online seperti Shopee. Khairul fokus menjual satu jenis sambal bawang, yang ia beri nama ‘Sambal Nyet’.

Meski sudah memiliki banyak followers, tapi Khairul mengaku bahwa cukup sulit awalnya menjual sambal ini. Ia berkali-kali menyesuaikan rasa sambal, menerima masukan dan kritikan dari para pembelinya, meningkatkan kepedasannya sampai digemari semua orang.

“Dari segi rasa dan kepedasan tentunya saya selalu menerima masukan dari pembeli, agar bisa memperbaikinya. Sekarang semua sambal saya dimasak lebih lama. Saya tambahkan lebih banyak bawang putih agar aromanya sedap. Tingkat kepedasannya juga saya tambahkan agar lebih nampol,” lanjut Khairul.

Satu kemasan sambal racikannya ia jual di harga RM 13 (Rp 46.000). Karena terlalu laris, bahkan ia membatasi setiap orang hanya bisa membeli dua botol sambal miliknya.

Tak heran dalam waktu 3 bulan penjualannya sudah mencapai miliaran rupiah. Tentunya angka ini berhasil membuat netizen terkejut, dan beberapa bahkan berencana untuk berhenti bekerja kantoran dan jualan sambal saja.

“Tentunya masih ada banyak sisi dari sambal ini untuk diperbaiki. Namun saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada semua orang yang sudah membeli sambal saya dan mendukung saya selama ini,” ungkap Khairul.

Banyak netizen yang memberikan komentar beragam. Mulai dari memuji ketekunan Khairul dalam menjual sambal, sampai mengkritiknya.

“Dalam 3 bulan dia sudah bisa menjual lebih dari 75,200 unit sambal? Artinya setiap hari ia menjual lebih dari 800 sambal? Artinya sehari ia bisa mendapatkan uang sekitar RM 10,000 (Rp 35,2 juta)? Penghasilannya jauh lebih menguntungkan dibandingkan buka restoran,” komen netizen.

 

 

Sumber: Detikfood

Comment

Related Post