by

Kepala Puskesmas Somambawa: Pasien Positif Covid-19 di Somambawa adalah Hoax!


Nias Selatan, Mimbar Bangsa Akhir-akhir ini beredar info HOAX di kalangan masyarakat umum.

Menanggapi beredarnya info perihal adanya pasien positif Covid-19 di Wilayah Kerja UPTD Puskemas Somambawa, Kabupaten Nias Selatan itu, Kepala UPTD Puskesmas Serius Dalvin Amazihònò, SKM, menegaskan bahwa berita itu tidak benar atau Hoax. Tapi yang benar adalah pasien tersebut berstatus ODP.

Oleh karenanya Kepala Puskesmas Somambawa menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik ataupun takut, namun mari tetap waspada, tingkatkan PHBS dengan cuci tangan sesering mungkin.

Dalvin meneruskan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, masyarakat dihimbau untuk makanan-makanan bergizi seimbang dan lakukan ikuti anjuran pemerintah perihal sosial distancing (Pembatasan sosial atau menjaga jarak adalah serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.)

Serius Dalvin Amazihònò juga sedikit menjelaskan apa itu ODP, PDP, dan Suspect Corona

Berikut ini adalah beberapa istilah Covid-19 yang perlu dipahami :

ODP (Orang Dalam Pemantauan)
Status ODP atau Orang Dalam Pemantauan diberikan kepada mereka yang memiliki riwayat dari luar atau dalam negeri yang areanya terkonfirmasi ada kasus virus corona.
Orang masuk dalam kriteria ODP jika mengalami gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan, dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus tersebut. Selain itu, bisa juga orang sehat yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi virus corona Covid-19.
Seperti contohnya dalam hal ini biasanya, orang yang masuk dalam kelompok atau kategori ODP belum menunjukkan gejala sakit akibat virus corona. Namun, jangan sepele juga perihal ini, karena faktanya untuk kasus terbaru dari virus corona Covid-19 sendiri terkadang bisa saja pasien yang terinfeksi tidak mengalami gejala dasar yang diungkapkan sebelumnya.

PDP (Pasien Dalam Pengawasan)
Status PDP atau Pasien Dalam Pengawasan juga bisa dikatakan memiliki indikasi atau diketahui pernah melakukan kontak secara langsung dengan pasien yang positif Virus Corona Covid-19.
Status PDP diberikan kepada mereka yang memiliki gejala virus corona, Covid-19, yang kita ketahui secara umum seperti panas badan dan gangguan saluran pernapasan.
Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat, serta pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus corona Covid-19.
Sehingga, untuk hal ini disarankan orang tersebut dengan status PDP untuk menjaga jarak dengan kebanyakan orang terdekatnya untuk mencegah penularan yang lebih banyak.

Suspect Corona
Status Suspect Corona diberikan kepada pasien yang diduga kuat terinfeksi dengan virus corona Covid-19. Ciri-ciri orang yang masuk pada kategori ini adalah yang sedang mengalami gejala-gejala dan juga pernah melakukan kontak dengan pasien yang dinyatakan positif terkena Virus corona Covid-19.


Comment

Related Post