by

Kepala Desa Sinar Susua Tuhongaoto Zebua Laksanakan Pembagian BLT DD Tanpa Kendala


Nias Selatan, Mimbar Bangsa – Kepala Desa Sinar Susua, Tuhongaòtò Zebua, Kecamatan Somambawa, Kabupaten Nias Selatan menyalurkan BLT kepada masyarakat Desa Sinar Susua yang mengalami dampak Covid-19, Jumat 29/05/2020.

Pembagian BLT ini dihadiri oleh Camat Somambawa Fatizamuala Telaumbanua, S.H., beserta jajaran,  Kapolsek Lahusa, AKP Edward Hasibuan, S.H., bersama Babinsa Kecamatan Somambawa, Kepala UPTD Puskesmas Somambawa, Danramil, LSM Gempita Nias Selatan, Pendamping PKH, Pendamping Desa, dan tokoh-tokoh masyarakat Desa  Desa Sinar Susua.

Dalam pembukaannya, Kepala Desa Sinar Susua, Tuhongaòtò Zebua, menyampaikan bahwa Bantuan Langusn Tunai ini berasal dari DD TA 2020. Besar BLT yang dibagikan adalah dua bulan (April dan Mei) dengan jumlah Rp1.200.000,- per orang.

Tuhongaòtò Zebua juga menegaskan bahwa, bilamana terdapat ada masyarakat yang double menerima bantuan, maka wajib mengembalikannya kepada bendahara desa atau Kaur Keuangan.

Dalam sambutannya, Camat Somambawa, Fatizamuala Telaumbanua menyampaikan alasan mengapa BLT ini baru dibagikan. Pembagian BLT ini dilakukan setelah mendapatkan dapat verifikasi dari dari Dinas Sosial Kabupaten.

Kapolsek Lahusa, AKP Edward Hasibuan, S.H., mengharapkan agar pembagian BLT ini berjalan dengan lancar dan difungsikan sebagaimana untuk keperluan rumah tangga. Dalam kesempatan itu juga, pria yang berpangkat AKP ini menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan sistem Normal Baru.

Dalam sistem Normal Baru diharapkan agar masyarakat tetap mengikuti peraturan pemerintah atau ajuran Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19.

Waoli Lase, sebagai Ketua DPD LSM Gempita Nias Selatan sangat mengapresiasi  ketransparanan dan kerja sama Kepala Desa dengan jajarannya dalam menjalankan dana desa Tahun Anggaran 2020. Selain musyawarah dengan seluruh jajaran desa, Kepala Desa juga mempublikasikan nama-nama dari masyarakat yang menerima BLT Dana Desa tersebut. Ketransparanan Kepala Desa Sinar Susua ini sangat perlu dicontoh oleh kepala desa – kepala desa yang ada.

Masyarakat yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) berjumlah 69 orang. Masyarakat yang menerima BLT ini sangat berterima kasih karena mereka menerima dan penuh transparansi. Sehingga sampai saat ini tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan dengan pembagian BLT tersebut.

(Charisma P. Baene)


Comment

Related Post