by

Kel. Tirtajaya, Berdayakan Warga Dengan Tingkatkan Bank Sampah Yang Bernilai Ekonomi

Depok, MimbarBangsa.co.id — Penggelolan sampah di wilayah Kelurahan Tirtajaya, melalui “bank sampah” kini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Hal ini lebih terintegrasi untuk saling berkoordinir dengan “bank sampah” atas pemanfaatannya bagi warga, Jumat (02/04/2021).

Lurah Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, M. Imron mengatakan sudah dilakukan secara terpadu dengan bekerjasama DKLH Kota Depok. Dijelaskannya, berkurangnya sampah yang ada di rumah dan masing-masing sampah organik atau non-organik yang sudah terpisah satu sama lainnya.


“Masyarakat sudah menikmati dari hasil pemilahan sampah. Dan setiap warga yang berkontribusi atas sisa-sisa makanan maupun yang dalam bentuk non-organik akan dilakukan penimbangan, sesuai dengan jenis sampah-sampahnya,” tutur Imron pada MimbarBangsa.co.id di ruang kerjanya.

Lanjutnya, untuk mengkoordinir teknis daripada penampungan ke “bank sampah” karena cukup banyak ketika dilakukan penimbangan di masing-masing lingkungan tersebut.

“Karena kewalahan dan cukup lumayan ketika di timbang masing-masing ada yang dapat Rp.1,5 juta dan Rp.500.000,- serta tergantung pada kondisi warga sendiri, termasuk minyak sayur dimanfaatkan untuk sabun serta akan ditingkatkan dengan pengolahan-pengolahan yang lebih efisien, yaitu dalam bentuk lilin dan ini sudah dilakukan di RW.10, Akasia. Namun sampah itu sendiri dikoordinir  oleh masing-masing lingkungan, nanti kalau sudah cukup menumpuk bisa langsung disalurkan ke “bank sampah” dari bank sampah dan untuk penyimpanannya tidak lama, yaitu 2 minggu sekali dan tidak ada penumpukan sampah. Kegiatan pengelolaan sampah melalui bank sampah ini semakin meningkatkan daya ekonomi masyarakat dan pemilahan-pemilahan organik maupun non-organik bisa ditingkatkan lebih lanjut,” pungkasnya. (Prayitno)

 




Comment