by

Kegiatan Bernuansa Yogyakarta Meriahkan Hadeging Kadipaten Pakualaman Ke-216

Yogyakarta, Mimbarbangsa.co Id — Peringatan Hadeging Praja Dalem Kadipaten Pakualaman ke-216 tahun Jawa, dengan tema “Gati Tata Wilasitaningrat” (dengan sikap tata menjaga alam semesta), akan diadakan beberapa kegiatan, meliputi kegiatan Internal di Puro Pakulaman dan juga serangkaian kegiatan sosial dan perlombaan, mulai 10 Januari 2022 sampai dengan 19 Maret 2022.

BPH Kusumo Bimantoro, Ketua Umum Peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman ke 216 pada konferensi pers yang dilaksanakan di Ruang Rapat Danawara Puro Pakualaman, Yogyakarta, Jumat (14/1/2022 ) mengatakan bahwa Peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman didasarkan pada saat Pangeran Notokusomo diangkat menjadi Pangeran Merdiko, bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Paku Alam ke- 1, pada hari senin pon 11 jumadil akhir tahun Alip 1739 (Tahun Jawa) atau 22 Juni 1812 Masehi.

Kegiatan peringatan Hedeging Kadipaten Pakualaman ke-216 diformulasikan dalam upaya menjalankan amanat UU nomor 13 tahun 2012, tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai bentuk peran dan tanggung jawab Kasultanan dan Kadipaten dalam menjaga dan mengembangkan budaya Yogyakarta yang merupakan warisan budaya bangsa.

Kegiatan perlombaan yang akan dilaksanakan kental dengan nuansa tradisi khas Yogyakarta, khususnya Pakualaman, hal ini merupakan wujud pelestarian dan terutama sebagai upaya untuk mengenalkan warisan budaya kepada generasi muda, hal ini sejalan dengan visi KGPAA Paku Alam X, yang untuk melanjutkan kewajiban leluhur Mataram sebagai pengemban kebudayaan.

Sementara itu Ketua Bidang Lomba MW Anom Baksono menerangkan tentang kegiatan lomba meliputi penulisan artikel ilmiah tingkat nasional, sayembara macapat Paku Alam Cup X tingkat nasional, lomba tari klasik gagrak Pakualaman, lomba mewarnai motif batik Pakualaman tingkat DIY, Lomba lukis grand prix PA Cup ke V tingkat nasional, Lomba literasi aksara jawa tingkat nasional, Sayembara Jemparingan Mataram Paku Alam Cup V tingkat DIY, Lomba cipta lelagon bocah. Pendaftaran lomba dibuka mulai tanggal 16 Januari 2022.

Kegiatan lomba akan diselenggarakan di komplek Kadipaten Pakualaman. Akan dilaksanakan juga kegiatan Darma mulyarja, kitanan masal, pemeriksaan kesehatan bagi warga pasar sentul, dan tasyakuran Pengetan Hadeging Kadipaten Pakualaman.

Sementara itu, KMT Sestrodiprojo menambahkan bahwa seluruh kegiatan akan dilaksanakan dalam bentuk daring atau dalam jaringan.

“Saat ini masih dalam suasana Pandemi Covid-19, maka seluruh rangkaian kegiatan perlombaan akan dilaksanakan dengan sistim daring. Beberapa kegiatan sosial yang harus dilaksanakan dengan tatap muka harus dengan menerapkan protocol kesehatan.” Tutupnya. (Ome)

Comment