by

Kebakaran Kilang Balongan Naik Penyidikan, Polisi: Ada Kesalahan atau Kealpaan

-NASIONAL-76 views

Jakarta, MimbarBangsa.co.id Polri telah melakukan serangkaian pemeriksaan, termasuk gelar perkara terkait peristiwa kebakaran Kilang Minyak Pertamina, di Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Hasil gelar perkara ditemukan adanya tindak pidana, dan status perkara dinaikkan dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, berdasarkan fakta dan bukti ditemukan unsur kesalahan atau kealpaan sehingga menyebabkan kilang minyak itu terbakar.


“Penyidik menilai, melihat berdasarkan fakta dan bukti yang ada. Adanya kesalahan, adanya kealpaan sehingga menimbulkan kebakaran atau ledakan,” ujar Rusdi, di Mabes Polri, Rabu (21/4/2021).

Baca juga :  Polri Akan Dampingi Masyarakat Lakukan Vaksinasi yang Aman dan Halal

Hal itu, melanggar Pasal 188 KUHP yang berbunyi, “Barang siapa karena kesalahan (kealpaan) menyebabkan kebakaran, ledakan atau banjir, diancam dengan pidana penjara paling 5 lima tahun atau pidana kurungan paling lama 1 tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah, jika karena perbuatan itu timbul bahaya umum bagi barang, jika karena perbuatan itu timbul bahaya bagi nyawa orang lain, atau jika karena perbuatan itu mengakibatkan orang mati.”

Baca juga :  Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Perindo: Harus Diselidiki dan Diungkap

“Karena itu penyidik sedang bekerja, tentunya perkembangan-perkembangan dari penyidikan akan kami sampaikan,” ungkapnya.

Rusdi menyampaikan, sebelumnya penyidik telah melakukan penyelidikan terkait laporan polisi bernomor 147/IV/2021/Jabar/Polres Indramayu, tentang peristiwa kebakaran itu.

Polri telah melakukan pemeriksaan kepada beberapa saksi, kemudian juga Puslabfor Polri telah turun ke lapangan untuk melakukan olah TKP menemukan barang bukti dan juga melakukan pemeriksaan terhadap barang bukti di laboratorium,” katanya.

Baca juga :  Semangat Baru, Hitara Black Garlic Siap Bangkit Bersama Pertamina SMEXPO

Menurut Rusdi, pada tanggal 16 April penyidik kemudian melakukan gelar perkara terkait peristiwa kebakaran itu. “Kesimpulan dari gelar perkara tersebut adalah telah ditemukan adanya tindak pidana pada peristiwa tersebut, sehingga perkara tersebut dinaikkan pada tahap penyidikan,” tandasnya.

Diketahui, kebakaran empat tangki Kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari. Dari kejadian itu enam orang luka berat dan ratusan warga terpaksa mengungsi.

Sumber: BeritaSatu.com




Comment