by

Kapolres Nias Selatan Bersama Forkompida Laksanakan Upacara dan Syukuran HUT Bahayangkara Ke-75

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Kapolres Nias Selatan, AKBP Reinhard Habonaran Nainggolan, S.H., S.I.K., M.M. bersama dengan Forkompida mengikuiti Upacara HUT Bhayangkara Ke-75 secara Virtual melalui Zoom Metting  yang dilaksanakan di Ruangan Video Conference Polres Nias Selatan, Kamis (1/7/2021).

Adapun Tema pada Pelaksanaan HUT Bhayangkara Ke-75 yaitu Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju.

Upacara HUT Bhayangkara Ke-75 secara Virtual melalui Zoom Metting  yang dilaksanakan di Ruangan Video Conference Polres Nias Selatan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa hal:

  1. Di tengah keseriusan Polri terlibat aktif dalam penanganan pandemi Covid 19, Kapolri dan seluruh anggota Polri jangan lengah dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya.
  2. Polri jangan lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat dan penegakan hukum. Polri jangan lengah dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.
  3. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, maka bentuk-bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat, bangsa dan negara juga semakin kompleks. Polri harus berpacu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan.
  4. Kendati penggunaan kewenangan Polri juga harus didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir,  saya mengingatkan penggunaan kewenangan Polri dalam melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan dan penyitaan harus dilakukan secara bijak dan bertanggung jawab. Ingat, bahwa negara kita adalah negara Pancasila, negara demokrasi, negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia
  5. Selain menjalankan tugas-tugas utamanya, jajaran Polri telah bersinergi dengan jajaran TNI, dokter, tenaga kesehatan, kementerian dan lembaga, dan dengan aparat pemda, khususnya dinas kesehatan serta relawan dan aparat pendukung lainnya dalam menangani pandemi ini
  6. Polri tetap aktif mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Apalagi saat ini, pemerintah telah memutuskan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro Darurat pada 3-20 Juli mendatang.
  7. Pengembangan SDM Polri harus diperhatikan secara serius. Rekrutmen, pendidikan, dan promosi wajib dilakukan secara transparan dan akuntabel. Dibutuhkan karakter anggota yang sesuai dengan tugas-tugas Polri, sekaligus menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Usai mengikuti Upacara HUT Bhayangkara Ke-75 secara Virtual, Kapolres bersama PJU Polres Nias Selatan dan Forkopimda melaksanakan Syukuran sederhana dengan pemotongan pemotongan tumpeng dan pemberian potongan tumpeng kepada Personil Tertua dan Termuda di Polres Nias Selatan yang diikuti pemotongan kue ulang tahun yang diberikan oleh Danlanal Nias kepada Kapolres Nias Selatan.

Dalam sambutannya, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. menyampaikan Selamat dan Sukses atas perataan HUT Bhayangkara Ke-75.

“Setiap daerah mempunyai tantangan yang berbeda – beda. Mari kita bersinergi untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Tujuan utama kita ada melindungi, mengayomi, melayani masyarakat,” kata Hilarius Duha.

Hal yang sama juga disampaikan oelh Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo serta berharap agar sinergitas yang telah terbangun selama ini terus dikembangkan.

“Kami dari jajaran TNI dan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan mengucapkan Selamat dan Sukses atas perataan HUT Bhayangkara Ke-75, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik serta sinegritas TNI POLRI semakin menjadi lebih baik kedepannya,” kata Antonius Hendro Prasetyo.

Pada kesempatan itu juga, Kapolres Nias Selatan, AKBP Reinhard H. Nainggolan, S.H.,S.I.K., M.M. menyampikan terima kasih kepada seluruh Forkopimda yang telah bersama-sama mengikuti Upacara HUT Bhayangkara Ke-75.

Reinhard juga menyampaikan siap bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Nias Selatan terlebih-lebih dalam hal penanggulangan Covid-19.

Kepada personil Polres Nias Selatan, Reinhard berharap agar tidak ada lagi personil yang menyakiti hati masyarakat, melainkan personil harus bersikap matang sebagaimana saat ini Bhayangkara sudah berusia 75 tahun.

Upacara HUT Bhayangkara Ke-75 Tahun 2021 tampak dihadiri Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H.,M.H.; Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo; Kapolres Nias Selatan, AKBP Reinhard H. Nainggolan, S.H.,S.I.K., M.M.; Danramil 12 Teluk Dalam, Mayor H. Zega; Waka Polres Nias Selatan, Kompol Jauhari Lumbantoruan; Kabag Ops Polres Nias Selatan, Kompol J. H. Situmorang; Kabag Ren Polres Nias Selatan, AKP Lintas T. Pasaribu;

Kasat Intelkam Polres Nias Selatan, AKP Zul Efendi, S.H.; Kasat Reskrim Polres Nias Selatan, Akp Iskandar Ginting; Kasat Binmas Polres Nias Selatan, Iptu P. Silalahi; Kasat Polairud Polres Nias Selatan, Ipda Taufik Tri Santoso; Kasat Narkoba Polres Nias Selatan, Ipda Ardiansyah, S.H.,M.H.; Kaur Bin Ops Sat Sabhara Polres Nias Selatan, Ipda Senior Sianturi; Plh. Kapolsek Teluk Dalam Polres Nias Selatan, Ipda Surya Hadi; Plh. Kapolsek Lolowau Polres Nias Selatan, Ipda David Pangaribuan; Plh. Kapolsek Gomo Polres Nias Selatan, Johnson Sianipar; Tokoh Agama Islam, Ust. Fahmi Hulu; dan Tokoh Agama Kristen, Pdt. Jesi Gea.

 

Comment

Related Post