by

Kades Hilisalo’o Himbau Cegah Novel Covid 19 Kepada Warga


Nias Selatan, Mimbar Bangsa Pemerintah Desa Hilisalo’o Kecamatan Amandraya Kab.Nias Selatan menghimbau warga untuk mencegah penularan pandemi Covid 19, yang dilaksanakan Balai Desa Hilisalo’o, Jumat(24/04/2020).

Acara tersebut di hadiri oleh Camat Amandraya, Sokhiato Mendrofa yang diwakili oleh Kasi PMD,Famoni Daely,SE.,Babinsa Ramil 12 Teluk dalam,Serka Khaidir,Serda M.R. Tambunan,Kapospol Amandraya,Aipda FN.Buulolo,kades Hilisaloo,Teorius Buulolo,PLD Yonatan Jebua,Pendamping PKH Foharefa Buulolo’,bidan Desa Hilisaloo,Kadarniwati laia,BPD,tokoh dan seluruh masyarakat Desa Hilisalo’o.

Dalam pembukaannya,kades Hilisaloo menyampaikan bahwa Dana Desa 40% Tahap I telah ditarik dan diarahkan untuk penanganan pencegahan covid-19.sesuai dengan petunjuk pemerintah pusat.

Dalam sambutannya,Babinsa Ramil 12 teluk dalam,Serka Khaidir menghimbau agar masyarakat ambil bagian untuk memutuskan rantai covid-19 dengan mengikuti petunjuk dari pemerintah.

Senada dengan penyampaian Kapospol Amandraya Aipda FN. Buulolo bahwa anjuran pemerintah untuk mematuhi tatib pencegahan Covid 19 dilaksanakan demi keselamatan keluarga dan masyarakat Indonesia.

tambahnya,acara yang mengundang perkumpulan orang banyak,akan dibubarkan oleh pihak polri seperti acara pernikahan dan perkumpulan lainnya,tegasnya.

Lanjut,dalam penyampaian materi oleh petugas dari puskesmas Amandraya,beberapa petunjuk dari pemerintah harus kita jalankan yakni :

  1. Sering mencuci tangan pakai sabun
  2. Menggunakan masker bila batuk dan pilek
  3. Mengkonsumsi Gizi seimbang dengan memperbanyak makan buah dan sayur
  4. Menghindari kontak dengan hewan
  5. Olahraga dan istrirahat yang cukup
  6. Menghindari mengkonsumsi daging yang tidak masak.

Dalam arahannya Kasi PMD Kecamatan Amandraya ,Famoni Daely,SE. juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar petunjuk dari pemerintah dalam pencegahan pandemi Covid 19 kita ikuti,termasuk jaga jarak minimal 1 meter.
Lanjutnya,mengharapkan agar KPA dalam hal ini kades,agar mengelola dana desa sesuai dengan aturan.

Untuk dana desa tahun 2020 pihak kepolisian langsung bertindak jika dana desa dikorupsikan oleh pelaku dana desa.

Pantauan wartawan Mimbarbangsa.co.id para hadirin dan seluruh masyarakat sangat antusias melakukan tindakan pencegahan pandemi Covid -19.

Dipenghujung acara,kades Hilisaloo membagi-bagikan masker kepada setiap warga,dan sabun serta ember penampung air satu per KK yang ditempatkan di depan masing-masing rumah warga serta penyemprotan disinfektan dirumah warga. (Abdul)


Comment