by

Kades Golambanua II Somambawa Diduga Tidak Bisa Pertanggungjawabkan Dana Desa 2020

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id – Viralnya sebuah postingan dari masyarakat Golambanua ll dan juga dari beberapa Media tentang ketidaktransparansi penggunaan Anggaran ADD dan DD Desa Golambanua II, Kecamatan Somambawa, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatra Utara,

Media MimbarBangsa.co.id menanggapi dan mengkonfirmasi kepada pihak terkait karena ini menyangkut informasi publik yang tidak transparan kepada masyarakat tentang penggunaan Anggaran ADD-DD Tahun 2020 di Desa Golambanua ll, Selasa (02/02/2021).


Saat dikonfirmasi kepada Ketua BPD An. Sokhinaso Hulu, ia membenarkan bahwa beliau telah mengundang Kepala Desa Golambanua II untuk mendengarkan penjelasan dalam Rapat Ruang Dengar Pendapat pada Rabu, 27/01/2021 tapi Kepala Desa Golambanua  ll, Osaraziduhu Laia, S.pd. tidak menghadiri rapat tersebut. Alasannya ada kesibukan lain di Sekolah SMA Hoya Sejahtera.

Berhubung Osaraoziduhu Hulu, S.Pd. juga sebagai Kepala Sekolah SMA Hoya Sejahtera, itu pada Undangan Pertama. Ketua BPD Sokhinaso Hulu  kembali menyuratin Kepala Desa Golambanua  ll, Perihal Undangan Rapat Dengar Pendapat dari Kepala Desa yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 30/01/2021. Pada saat itu Kepala Desa menghadirinya, namun sangat disayangkan Kepala Desa tidak mau menandatangani Berita Acara tersebut.

Lanjut…. Lembaga BPD  dan masyarakat  merasa kecewa dan merasa tidak dianggap oleh Kepala Desa Osaraoziduhu Laia,  S.Pd.

“Saya sebagai Ketua BPD menduga adanya penyelewengan ADD/DD yang dilakukan oleh Kepala Desa Golambanua ll,  sebab sudah dua kali Kami mengundangnya, namun Kepala Desa tetap mengelak untuk memberikan penjelasan penggunaan ADD/DD Desa Golambanua ll,” Ucap Ketua BPD

Lanjut ketua BPD Sokhinaso hulu Menjelaskan Bahwa Dalam Isi Surat Yang Kami Layangkan Kepada Kepala Desa Golambanua ll Yaitu: Ketua BPD Dan Anggota  Meminta Dokumen P-APBDes dan APBDes Tahun Anggaran 2020 Dan Informasi Yang transparan Dalam Pelaksanaan Penggunaan Anggaran ADD-DDDesa Golambanua ll thn 2020, Serta Realisasi penggunaan ADD dan DD TA 2020, Karena Setiap Kegiatan Tidak Pernah Disampaikan di Meja BPD Dan Belum Ketua L-BPD Belum Pernah Menandatangani Surat Yang Seharusnya Dievaluasi BPD, Untuk Itu Kami Minta Penjelasan, Dari Kepala Desa Golambanua ll An. OSARAOziduhu LAIA S. pd Tapi Kades Menjawab Tidak Ada Nanti Saja.

Kemudian Awak Media Konfirmasi Kepada Sekretaris BPD an. William Martin Fatemaluo Menjelaskan Bahwa Yang Disampaikan Oleh Ketua BPD Itu Benar.
William Fatemaluo Juga Menambahkan Pendapat Tentang Ketransparan Kepala Desa Golambanua ll kepada Masyarakat Sangat Minim Dan Ditutup-tutupi Oleh Kades Golambanua ll An. Osaraoziduhu Laia S. pd. Kata Willman Dengan Kesal….

MimbarBangsa. co. id Melanjutkan Konfirmasi Kepada Sekretaris Desa Golambanua II An. Motuho Tafonao Disalah Satu Rumah Warga Di Desa Golambanua ll Terkait Kejelasan Penggunaan Add-Dd Tersebut Diatas Yang Diminta Oleh Lembaga BPD , Motuho Tafonaö Mengatakan Bahwa P-APBDes Tahun 2020 Belum Pernah Dilaksanakan Oleh Kepala Desa Apalagi Musdes Untuk LPJ, Sementara Uang Sudah Ditarik Dan di Belanjakan Oleh Kepala Desa Sendiri Tanpa Verifikasi Dari Sekretaris desa Golambanua  ll, Maka Sampai Saat ini Penggunaan Anggaran ADD-DD tahun 2020 Di Desa Golambanua  ll Saya Sebagai Sekdes Tidak Pernah Tau Sama Sekali Karena Tidak Dilibatkan Dalam Kegiatan Apapun Yang Dilakukan Oleh Kepala  Desa Osaraoziduhu Laia Yang Berkaitan Dengan Add-Dd TA 2020.
Dan Secara Prosedur Tentang Administrasi Keuangan Desa Saya Tidak Pernah Menandatangani Untuk Verifikasi Satupun Surat Dalam Penggunaan Anggaran Add-dd Didesa Golambanua ll ini,  Maka Dalam Hal Ini Silahkan Ditanya Langsung Kepada Kades nya.
Dan Saya Sebagai Sekdes Menduga Adanya Penyalahgunaan ADD-DD Tahun 2020 Desa Golambanua ll Oleh Kades Golambanua  ll Makanya Ditutupin Kepada Lembaga BPD Dan Juga Kepada Saya Sebagai Sekdes, Sebab Kepala Desa Tidak Transparan Baik Kepada Aparat Desa Apalagi Kepada Masyarakat, Sehingga Ketua BPD  Meminta Penjelasan Dari Kepala Desa Melalui Rapat Dengar Pendapat Namun Kepala Desa Tidak Memberi Penjelasan.

Saya Sebagai Sekdes Golambanua ll Lanjutnya Lagi bahwa Ia Merasa Kecewa Kepada Kepala Desa Golambanua ll An. Osaraoziduhu laia S. pd Karena Penjelasan  Pertanggungjawaban Anggaran ADD-DD Tahun 2020 Desa Golambanua ll Tidak Jelas Baik Kepada L-BPD Dan Juga Kepada Sekdes Dan Perangkat Desa Lainnya Apalagi Kepada Masyarakat Golambanua ll, Papan Informasi Pendapatan Desa Juga Tidak Ada.Ucap Sekdes Motuho Tafonao

Lanjut lagi Awak Media MimbarBangsa. co. id  Mengkonfirmasi Kepada Bendahara Desa Golambanua ll An. Bazatulo Hulu Bertempat Di Balai Desa Golambanua ll, Mengatakan Bahwa Saya Sebagai Bendahara Desa Golambanua ll Kewalahan Jika Masyarakat  Menanyakan Kepada Saya Tentang Add-Dd Yang Sudah Kami Tarik Oleh Kepala Desa Golambanua ll Kecamatan  Somambawa, Sementara Yang Ada SPJ Hanya BLT Yang Dibagikan Kepada Masyarakat Yang Lain-Lainnya Saya Tidak Tau SPJnya Bagaimana.
Lanjut Bazatulo Hulu Membeberkan Perjalan Setiap Mereka Melakukan Penarikan Uang Di Bank BRI,Setiap Kami Menarik Uang Dari Bank BRi Lahusa  Kades Osaraoziduhu laia S. pd Mengatakan Kepada Saya Ini Lah Yang Kamu Bawa Bendahara Untuk BLT Saja Kepada Masyarakat, Dan Yang Lebih Dari BLT, Saya Yang Bawa, Saya Sebagai Bawahannya Harus Mengikuti Perintah Atasan Sebagaimana Sudah Pernah Ia Ucapkan Ke Saya (Ikuti Saja) Kata Kades, Dan Bahkan Saya Sudah Pernah Bertanya Kepada Kades Osaraoziduhu Laia S. pd, Itu Uang Yang Ditangan Bapak Kurang Lebih 120 Juta Nanti Dikemanakan Pak Kades?
Kata Pak Kades Tenang Aja Ini Nanti Honor Lpm, Lad, Lkd dan lain-lain Jawabnya Kepada Saya.”Tutur Bazatulo Hulu.

Lanjut Bazatulo Hulu Menjelaskan Rincian uang Yang Ada Ditangan Kepala Desa Setiap Penarikan Sebagai Berikut:
1.penarikan pertama  Rp 48.700.000
2.—–
3.Penarikan Ke Tiga Rp 36.400.000
4.Penarikan Ke Empat Rp 11.000.000
5.Penarikan Kelima Rp 48.000.000
6.Penarikan Ke Enam Rp 15.000.000
7.Penarikan Ketujuh 15.000.000 Disini Saya Merasa Heran Kepala Desa Baru Memberikan Kwintasinya Sama Saya.
8.Sisa Dari Penggunaan Yang Dibelanjakan Oleh Istri Kepala Desa (nama)  Untuk Anggaran Stunting Rp. 58.000.000.
Yang Tidak Terpakai Rp 2.000.000 Itu Juga Ditangan kades Osaraoziduhu laia S. pd. Ungkap Bendahara Desa Golambanua ll

Lanjut Media MimbarBangsa.co.id Mencoba Konfirmasi Kepada Kepala  Desa golambanua II Osaraoziduhu Laia S. pd Untuk Meminta Penjelasan Terkait Dugaan Ketidak Transparansi ADD/DD TA. 2020 Di Desa Golambanua ll, Dihubungi melalui telepon Selularnya Dengan Nomor 08136141xxxx Media Meminta Penjelasan, Kadesnya Langsung Menyampaikan Saya Tidak Bisa Menanggapinya Kalau Melalui Telepon Nanti Salah Tanggapan, Tanya Saja Sama Mereka. Ungkapnya

Reporter dan Penulis: Saronihago Telaumbanua

Comment

Related Post