by

Jumlah ODP Covid-19 di Nias Selatan Mencapai 217 Orang


Nias Selatan, Mimbar Bangsa Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona Virus Disease (Covid-19) di Nias Selatan saat ini mencapai 217 orang, sementara Orang Tanpa Gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasanan (PDP) dan yang positif nihil. Hal itu disampaikan Kadis Kesehatan Nias Selatan Henny K. Duha kepada Media, Sabtu (28/3).

Menurut Henny, warga yang berstatus ODP adalah mereka yang baru melakukan perjalanan dari beberapa daerah yang merupakan zona merah penyebaran virus corona seperti Jakarta, Bandung, Medan dan lainnya. Data 217 orang itu dihimpun berdasarkan pemeriksaan kedatangan di Bandara Binaka, Pelabuhan Gunungsitoli dan Telukdalam.

Pihaknya, terus melakukan pemantauan terhadap warga yang berstatus ODP itu, mereka juga diimbau untuk mengisolasi mandiri, mengonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan tubuh dan memeriksakan diri ke pusat layanan kesehatan terdekat bila ada gangguan kesehatan, terlebih batuk, flu dan demam.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Desa, Kadis Kesehatan sudah menginstruksikan kepada seluruh Puskesmas di 35 Kecamatan Nisel agar melakukan penyuluhan dan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah, lokasi-lokasi tempat berkumpulnya warga, lingkungan kantor, rumah ibadah dan lainnya.

Unsur dari TNI-Polri dan pihak lain terlihat bergotong-royong dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Nisel. Di pelabuhan para penumpang yang masuk Nisel diperiksa kesehatannya, pasar disemprot disinfektan sekaligus memberikan pemahaman cara hidup bersih dan sehat untuk menghindari penyakit.

Status Zero Covid-19 di Pulau Nias saat ini kiranya dapat bertahan hingga berakhirnya masa tanggap darurat beberapa waktu ke depan dengan upaya-upaya yang dilakukan saat ini dan kemudian hari.

Dikutip dari: hariansib


Comment

Related Post