by

Jepang Setop Vaksin Moderna Diduga Terkontaminasi Partikel Logam

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Heboh Jepang menyetop sementara vaksinasi 1,63 juta dosis vaksin Moderna karena dugaan kontaminasi. Kabar terbarunya dari media lokal Jepang NHK, dugaan kontaminasi berasal dari partikel logam.

Kementerian Kesehatan Jepang mengungkap perusahaan Moderna menggambarkan hal tersebut sebagai bahan partikel yang tidak menimbulkan masalah keamanan dan kemanjuran. Sementara Kemenkes Jepang menegaskan penundaan tersebut adalah langkah kehati-hatian, sebagai tindakan pencegahan.

Dikutip dari Reuters, pendapat tersebut mendorong beberapa perusahaan Jepang untuk membatalkan vaksinasi pekerja dan regulator obat Eropa untuk melakukan investigasi atau penyelidikan.

Di sisi lain, perusahaan farmasi Spanyol Rovi, yang mengemas vaksin Moderna untuk pasar selain Amerika Serikat, mengatakan kontaminasi tersebut dapat disebabkan oleh masalah manufaktur di salah satu lini produksinya.

Maka dari itu, kini sedang melakukan penyelidikan.

Pemerintah Jepang belum mengungkapkan berapa banyak dosis dari batch vaksin Moderna yang terkontaminasi telah diberikan. Kyodo News melaporkan setidaknya 176 ribu sintikan dilakukan, berdasarkan penghitungan angka yang dilaporkan oleh pemerintah kota setempat.

Comment

Related Post