by

Jembatan Gantung Muzoi Ambruk, Plt. Kadis PUPR Nisut: Belum Serah Terima

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id – Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Nias Utara mengakibatkan jembatan gantung Sungai Muzoi ambruk diterjang banjir, Rabu (29/8/2021).

Menurut keterangan warga setempat yang enggan disebutkan namanya, mengatakan bahwa jembatan Muzoi ini sudah yang kesekian kalinya ambruk dihantam banjir. Ambruknya jembatan ini diduga akibat pengerjaan jembatan yang asal-asalan oleh rekanan.

“Ini sudah kesekian kalinya ambruk dihantam banjir, ini diduga karena pengerjaan asal-asalan dari kontraktornya,” katanya.

Jembatan gantung Sungai Muzoi dibangun tahun 2019 dengan pagu dana Rp2.932.315.152 (Dua miliyar sembilan ratus tiga puluh dua juta tiga ratus lima belas ribu seratus lima puluh dua rupiah) yang bersumber dari APBN dengan rekanan CV. Kanira Jaya Mandiri.

Jembatan gantung Sungai Muzoi ini merupakan satu-satunya penghubung antara Desa Orahili Kecamatan Namohalu Esiwa dengan Desa Mazingo Kecamatan Alasa Talumuzoi, dan menjadi satu-satunya akses warga, terutama anak sekolah yang sekolah di daerah tersebut.

Dari keterangan warga, banjir berlangsung sejak pukul 23.00 WIB hari Selasa (28/9/2021) yang membuat jembatan gantung Sungai Muzoi ambruk dan dipenuhi sampah, sehingga akses untuk kedua desa di atas putus total.

Plt. Kadis PUPR Nias Utara, Iman Syukur Zalukhu yang dikonfirmasi via telepon selularnya mengatakan bahwa jembatan gantung Muzoi yang dibangun tahun 2019 tersebut belum diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara hingga saat ini.

“Jembatan gantung Muzoi yang dibangun tahun 2019 tersebut belum diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara hingga saat ini,” kata Iman Syukur Zalukhu  saat dikonfirmasi via selelur oelh media MimbarBangsa.co.id pada hari Rabu (29/9/2021)

Awak Media MimbarBangsa.co.id yang menghubungi Firman Hutauruk dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) PPK 3.5 Nias, tidak memberikan respon sama sekali terkait ambruknya jembatan gantung Sungai Muzoi. (Anuari Zendrato)

Comment

Related Post