by

Israel-Palestina Bangun Kepercayaan Selesaikan Konflik

Mimbar Bangsa - -Asia-6 views

Jakarta,MimbarBangsa.co.id — Israel dan Palestina sepakat mulai membangun kepercayaan demi menyelesaikan konflik di antara keduanya yang telah berlangsung setengah abad lebih.

Kesepakatan itu dicapai ketika Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz berbicara via telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Senin (19/7).

Dalam komunikasi tingkat tinggi pertama pemerintahan baru Israel dengan Palestina itu, Gantz dan Abbas sepakat kedua negara membutuhkan penyusunan langkah-langkah membangun kepercayaan.

“Komunikasi itu positif dan keduanya menyebutkan perlunya memajukan langkah-langkah membangun kepercayaan antara Israel dan otoritas Palestina, yang akan menguntungkan ekonomi dan keamanan seluruh kawasan,” bunyi pernyataan administrasi Gantz terkait komunikasi dengan Abbas.

Dalam kesempatan itu, Gantz juga ikut mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha kepada Abbas yang jatuh pada Selasa (20/7).

Melansir AFP, administrasi Abbas mengonfirmasi kebenaran komunikasi dengan Gantz, namun tak menjelaskan detail percakapan keduanya.

Gantz merupakan pejabat tinggi pertama pemerintahan baru Israel yang berkomunikasi langsung dengan pemimpin Palestina.

Pemerintahan Perdana Menteri Israel, Naftali Bennet, mengatakan akan fokus mereformasi kebijakan domestik dan menghindari langkah-langkah besar menghadapi isu internasional, termasuk kebijakan terhadap Palestina.

Pada pekan lalu, presiden baru Israel, Isaac Herzog, juga telah berbicara dengan Abbas. Namun, sebagai presiden, peran Herzog di pemerintahan sebagian besar hanya sebagai kepala negara seremonial.

Herzog menuturkan Abbas memberinya selamat setelah terpilih menjadi presiden baru Israel.

Comment

Related Post