by

Isi Pidato Lengkap Khenoki Waruwu Pada Rapat Paripurna DPRD Nias Barat

Nias Barat, Mimbarbangsa.co.id- Pasca Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dan Dr. Era-Era Hia, M.M., M.Si., oleh Gubernur Sumatera Utara Utara pada Senin 26 April 2021.

Bupati Nias Barat menyampaikan pidato sambutan Bupati Nias Barat masa Jabatan 2021-2024 pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Nias Barat di Ruang Sidang DPRD, Jumat (30/04/2021).


Pidato sambutan Bupati tersebut sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2016 tentang tata cara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Walikota dan Wakil Walikota dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 273/487/SJ tentang penegasan dan penjelasan terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020.

Bupati Nias Barat pada sambutannya menyatakan bahwa kemenangan dalam pemilihan serentak 9 Desember 2020 yang lalu merupakan kemenangan seluruh masyarakat Nias Barat.

Baca juga :  Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nias Barat Umumkan Terkait Warganya Yang Positif Covid-19

Visi Nias Barat Bersih, Unggul dan Maju dapat diwujudkan melalui pelaksanaan Misi serta Program Unggulan yang telah disusun dan akan dituangkan dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah di Tahun 2021 paling lambat 6 bulan setelah pelantikan.

Hal yang disampaikan selanjutnya adalah Program 100 Hari Kerja Bupati Nias Barat antara lain:
1. Pembersihan dan Penataan Gedung Perkantoran dan Lingkungan yang dilakukan dalam bentuk perlombaan diseluruh Kantor OPD, Kantor Camat, Puskesmas, Pustu, Poskesdes, Sekolah, dan Kantor Kepala Desa.
2. Peningkatan Disiplin ASN melalui penggunaan Aplikasi e-Simpeg, penggunaan Aplikasi Perjalanan Dinas yaitu e-SPPD, Kehadiran ASN dilakukan melalui e-Presensi.
3. Rehab rumah tidak layak huni.
4. Pembersihan dan pemanfaatan pasar yang belum dimanfaatkan yaitu pasar bukit Sion.

Baca juga :  Camat dan Kapolsek Lolofitu Moi Turut Hadir Pada Bimtek PPDP Pilkada 2020 yang Digelar Oleh KPU Nisbar

Selain program 100 hari, hal yang menjadi prioritas pembangunan di Tahun 2022, yaitu pembangunan Trotoar di Ibu Kota Nias Barat, Pembangunan Instalasi air bersih minimal untuk memenuhi kebutuhan Ibu Kota Kabupaten Nias Barat, Pembangunan Ikon Tulisan Wellcome to Nias Barat di Gunung Somomo dan juga berbagai prioritas program pembangunan lainnya sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah.

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan juga menjadi prioritas sesuai dengan kebutuhan, kajian kelayakan dan kemampuan pendanaan.

Pelayanan publik dengan peningkatan layanan kependudukan dan pencatatan sipil dengan melengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan. Update DTKS secara berkelanjutan untuk meningkatkan pelayanan sosial dan kesehatan untuk pelayanan masyarakat yang prima.

Baca juga :  Menko PMK RI Kunjungi Kabupaten Nias Barat

Peningkatan kualitas SDM dilakukan dengan peningkatan fasilitas pendidikan dasar dan menengah, penyediaan beasiswa pendidikan lanjut tingkat S1, S2 dan S3 bagi putra/putri terbaik Nias barat.

Pemerintah hadir untuk melayani dengan prinsip BEE ( Benar, Efesien dan Efektif). Benar berarti bekerja harus benar sesuai perencanaan dan peraturan yang berlaku, Efesien dilakukan dengan bermakna murah dan mudah, Efektif berarti harus memberi manfaat pada masyatakat.

Pembangunan harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang hanya dapat dilakukan dengan baik dan benar melalui kerjasama dari semua pihak sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Khenoki Waruwu juga meminta dukungan dan sinergitas dari Lembaga DPRD agar Pembangunan Nias Barat dapat membawa Kesejahteraan untuk masyarakat Nias Barat. (49U5 Laia)




Comment