by

Hujan Lebat Semalaman Akibatkan Longsor di Jalan Lintas Pulau Panggung – Tanjung Laut

Muara Enim, Mimbarbangsa.co.id – Hujan lebat selama beberapa jam pada Kamis (18/11) malam, mengakibatkan bencana longsor terjadi di sejumlah titik akses jalan Desa Pulau Panggung menuju wilayah Tanjung Laut, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim.

 

 

Di perlintasan Tebing Ayek Enim terdapat 11 titik longsor dalam sehari ketika hujan lebat mengguyur area itu selama lebih dari lima jam pada Kamis malam hingga pagi Jumat.

tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun mengakibatkan akses jalan warga terganggu karena tidak bisa di lewati kendaraan.

Kepala Desa Bababatan Dedi Setiawan mengatakan, bencana longsor di desanya semakin memprihatinkan dari tahun ke tahun katanya kepada awak Media ini saat di temui di kediamannya.

“Tahun ini paling parah sejauh yang saya ingat. Padahal puncak musim hujan kali ini diperkirakan masih akan berlangsung sebulan lebih,” ujar Dedi kepada Analisnews.co.id, Jumat (19/11/2021).

 

 

Ia menambahkan, bahwa pihaknya sudah menghubungi Camat beserta BPBD yang telah meninjau langsung ke lokasi.

“Tadi saya sudah tinjau langsung ke lokasi dan sudah laporan juga dengan pak Camat serta dari BPBD sudah lihat juga lokasi titik longsornya,” kata Dedi.

Ia pun menghimbau agar warga yang ingin melintas dari Pulau Pangggung – Tanjung Laut menggunakan roda empat agar memutar balik melalui jalan simpang imam.

“Sementara masih dalam tahap pengerjaan pembersihan jalan, kalau pakai mobil harus mutar jalan, tapi kalau pakai motor Insha Allah bisa lewat namun tetap harus berhati – hati,” ungkapnya.

 

Warga Berharap Pengerjaan Cepat

 

Dari pantauan awak Media ini di lokasi kejadian longsor, ada tiga titik longsor di antaranya cukup parah karena tak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Pun begitu dengan kendaraan roda dua, walaupun bisa melewatinya tetap harus menggunakan rantai karena tumpukan tanah tinggi menjulang.

Sohibul (38) salah seorang pengendara motor yang melintas mengungkapkan harapannya agar tanah longsor yang menimbun jalan segera bisa di bersihkan.

“Mudah – mudahan cepat di bersihkan ya, karena sayang sekali orang yang ingin melintas seperti kerja di PGE atau ada kepentingan lain bisa terhambat, apalagi kalau putar arah pasti memakan waktu,” ungkapnya. (Aldo)

 

 

 

Comment

Related Post