by

Hari Ini Judo dan Futsal Akhiri Laga di PON XX Papua

Mimika, MimbarBangsa.co.id – Beberapa cabang olahraga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua akan menyelesaikan perlombaan mereka. Kendati acara pembukaan perhelatan olahraga multicabang empat tahunan nasional ini baru saja dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu (3/10/2021).

Di Kabupaten Mimika sebagai satu di antara empat klaster PON Papua yang menggelar pertandingan sembilan cabang, terdapat dua cabang yang akan menyelesaikan partai final mereka. Judo misalnya telah menyiapkan enam medali emas di enam nomor putra dan putri.

Pada laga Minggu (3/10/2021) di Graha Eme Neme Yauware, Kelurahan Koperapoka, Distrik Mimika Baru, Kota Timika akan mempertandingkan enam nomor beregu. Untuk putra terdiri dari Kelas -73 kilogram, -90 kg, dan +90 kg. Sedangkan putri melombakan Kelas -57 kg, -70 kg, dan +70 kg.

Kontingen Bali untuk sementara berada di puncak klasemen sementara perolehan medali dari cabang beladiri yang mengedepankan duel dengan teknik bantingan ini. Para judoka Pulau Dewata telah mengoleksi lima emas dan enam perunggu disusul di urutan kedua Jawa Barat, juara bertahan cabang judo PON 2016.

Dari matras judo, atlet-atlet Bumi Parahiyangan telah mendulang empat emas, enam perak, dan empat perunggu. Sedangkan para judoka Bumi Cenderawasih mampu menempatkan daerah mereka di urutan ketiga dengan koleksi empat emas, satu perak, dan empat perunggu.

Dua emas Papua di antaranya sukses diboyong dari nomor seni Nage No Kata putra dan Ju No Kata putri. Para judoka Papua dan Jabar masih berpeluang menambah perbendaharaan emas. Kedua kontingen akan saling bersaing adu strategi untuk menggeser posisi Bali di puncak klasemen akhir perolehan medali cabang judo.

Siapkan Empat Videotron

Cabang futsal juga akan menyudahi pertandingannya di hari yang sama dengan judo. Laga final mempertemukan tim tuan rumah melawan Jabar akan dimajukan waktunya. Semula dijadwalkan pukul 17.00 WIT, namun kemudian dimajukan menjadi 15.00 WIT.

Begitu pula untuk pertandingan memperebutkan tempat ketiga atau medali perunggu. Awalnya dalam jadwal, laga tempat ketiga antara Jawa Timur versus Nusa Tenggara Barat dilakukan pada pukul 14.00 WIT, tetapi akhirnya dipercepat menjadi 12.00 WIT. Seluruh pertandingan, baik final maupun memperebutkan tempat ketiga akan digelar di GOR Futsal SP-2, Kota Timika.

Dimajukannya jadwal pertandingan itu untuk mengantisipasi dampak tingginya animo warga menonton serta mendukung tuan rumah dan tim-tim yang berlaga. Ini merupakan keputusan rapat Panitia Besar PON Papua Sub Mimika Sub bersama Kepolisian Resor Mimika, panitia pertandingan, dan wakil dari masing-masing tim yang berlaga di final pada Sabtu (2/10/2021) malam.

PB PON juga telah menyiapkan videotron atau layar raksasa di empat lokasi agar masyarakat dapat melihat laga yang disiarkan secara langsung oleh Lembaga Penyiaran Pemerintah TVRI. Keempat tempat itu ada di Kantor Bupati Mimika, Graha Eme Neme Yauware, Pasar Damai, dan Pasar Sentral. “Ini sebagai upaya untuk mengurangi segala kemungkinan terburuk dari membludaknya penonton dalam partai final cabang futsal,” kata Ketua Harian PB PON Papua Sub Mimika, Marthen Paiding dalam keterangan persnya, Sabtu (2/10/2021) malam.

Penulis: Anton Setiawan

Comment

Related Post