by

Hari Ini 12 Cabor Perebutkan 40 Emas

Mimika, MimbarBangsa.co.id — Para atlet peserta kembali melanjutkan pertandingan mereka pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. Pada Senin (4/10/2021), sebanyak 28 cabang olahraga (cabor) menggelar nomor-nomor pertandingan mereka di empat klaster penyelenggara PON Papua.

Yakni di Kabupaten Mimika (dua cabang), Kota Jayapura (11 cabang), Kabupaten Jayapura (sembilan cabang), dan Kabupaten Merauke (dua cabang). Dari jumlah tersebut, ada 12 cabang langsung menggelar babak final untuk memperebutkan 40 emas.

Khusus di klaster Kabupaten Mimika, cabang aerosport disiplin lomba aeromodelling dan panjat tebing menggelar nomor-nomor final. Aeromodelling yang digelar di venue Lapangan SP-5, Jalan Poros SP-5 serta Stadion Sepak Bola Wania Imipi, Kampung Kamoro Jaya, Sp-1, Distrik Mimika, akan menggelar nomor Terbang Bebas (OHLG) individual putra dan putri.

Kemudian cabang panjat tebing juga melangsungkan nomor Lead individual putri dan Boulder individual putra di Arena Panjat Tebing, SP-2, Kota Timika.

Terjun payung juga akan kembali menggelar lombanya Senin (4/10/2021) ini setelah sehari sebelumnya lomba dihentikan akibat cuaca buruk. Menurut Technical Delegate Achmad Effendi Soen, terjun payung merupakan salah satu disiplin lomba dalam cabang aerosport yang bergantung kepada kondisi cuaca.

Pihaknya telah menyiapkan sejumlah armada pesawat bantuan TNI Angkatan Udara untuk mengangkut atlet-atlet terjun payung dari 11 provinsi. Armada tersebut terdiri dari pesawat angkut CN-235 buatan PT Dirgantara Indonesia, Cessna NC-212, helikopter Bell-402 produksi PTDI, dan helikopter terbaru TNI AU, Caracal EC-725 AP produksi Airbus Helicoptes, Prancis. Mereka akan memakai fasilitas Pangkalan Udara TNI AU Yohanis Kapiyaw, Timika sebagai lokasi aktivitas menerbangkan atlet terjun paying saat berlomba.

Helikopter Caracal ini sempat digunakan sebagai armada sementara kepresidenan beberapa waktu lalu. Effendi Soen, mantan wartawan senior Lembaga Penyiaran Pemerintah TVRI, menjelaskan, untuk nomor Ketepatan Mendarat, para peserta akan diterjunkan dari ketinggian 3.500 kaki (7.500 meter) dan untuk nomor Kerja Sama di Udara akan dilepas dari pesawat pada ketinggian 9.000 kaki (27.000 meter).

Di klaster Kabupaten Mimika dilombakan sembilan cabang dengan 12 disiplin lomba. Dua cabang, judo dan futsal telah menyelesaikan lomba mereka dengan laga final terahir digelar Minggu (3/10/2021). Sebanyak 1.476 atlet dan didampingi oleh 718 orang ofisial berlomba di sembilan venue yang ada di Mimika.

PON 2021 Papua diikuti 7.039 atlet dan 3.576 orang ofisial dari 34 provinsi. Para atlet akan bertanding pada 37 cabang olahraga, 56 disiplin pertandingan, 681 nomor pertandingan, serta memanfaatkan 44 arena lomba. Para olahragawan ini akan memperebutkan 681 medali emas, 681 perak, dan 681 perunggu.

PON 2021 Papua akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021 mendatang. Sejauh ini seluruh pertandingan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, baik bagi atlet, ofisial, maupun penonton. Torang Bisa!

Sumber: InfoPublik

Comment

Related Post