by

Hari Anak Nasional, Ini 5 Kebiasaan Dasar untuk Kesehatan Fisik dan Mental Anak

Merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2021 ini, sudah sepatutnya jadikan momen baik dan sehat untuk anak. Dalam hal ini, ada berbagai kebiasaan yang bisa diajarkan untuk anak agar tetap sehat.

Melansir dari Times Now News, berikut beberapa kebiasaan dasar yang perlu diajarkan pada anak, antara lain:

1. Mendorong makanan yang berwarna-warni

Makanan yang berwarna-warni mengacu pada piring yang padat nutrisi dan mengandung semua nutrisi yang diperlukan oleh anak-anak di tahun-tahun pertumbuhan mereka.

Anda dapat mendorong mereka untuk terbiasa mengonsumsi sayur, buah, dan polong-polongan lain.

2. Membaca

Kebiasaan membaca tidak mudah untuk dikembangkan. Namun, jika seseorang berhasil melakukannya, itu dapat membantu mereka dalam berbagai cara seperti memperluas cakrawala pengetahuan serta meningkatkan kosa kata mereka.

Anda dapat mendorong kebiasaan ini dengan membuat anak Anda membaca cerita di siang hari atau sebelum tidur. Cobalah untuk memilih buku yang menarik secara visual untuk membuatnya menarik bagi anak Anda.

3. Aktif secara fisik 

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan berbagai masalah seperti penglihatan yang lemah, obesitas, gangguan perhatian, dan kesulitan tidur.

Anda dapat menghindari ini dengan mendorong anak-anak Anda untuk melakukan latihan fisik (untuk membantu pertumbuhan fisik) dan permainan otak (untuk membantu pertumbuhan kognitif).

4. Mengembangkan hobi

Hobi memainkan peran penting dalam membentuk kepribadian orang. Dorong anak-anak Anda untuk mengeksplorasi pilihan mereka dan menemukan sesuatu yang benar-benar mereka sukai. Ini tidak harus sesuatu yang mewah, tetapi bisa membuat anak Anda bahagia.

Hobi juga dapat berdampak positif pada pikiran sehingga memudahkan anak Anda untuk optimis.

5. Tetap terhidrasi

Sangat penting untuk mengajari anak-anak Anda untuk mengembangkan kebiasaan minum air saat haus dan tidak meminum minuman main seprti soda atau minuman ringan sebagai penggantinya.

Comment

Related Post