by

Hakim Berwenang Lanjutkan Persidangan Tanpa Kehadiran Rizieq Syihab

Jakarta, Mimbarbangsa.co.id – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) berwenang melanjutkan proses persidangan perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan tanpa kehadiran Rizieq Syihab selaku terdakwa.

Diketahui, Rizieq menolak menghadiri sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Jumat (20/3/2021). Mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu ngotot hadir langsung ke PN Jaktim. Padahal, Majelis Hakim yang dipimpin Suparman Nyompa menetapkan sidang digelar secara virtual untuk mencegah Covid-19. Bukan kali ini saja Rizieq menolak mengikuti sidang secara daring. Dalam persidangan perdana pada Selasa (16/3/2021), Rizieq juga walk out atau WO dari proses persidangan virtual.


Guru Besar Hukum Pidana Universitas Indonesia, Indriyanto Seno Adji mengatakan, menjadi kebijakan Majelis Hakim untuk kembali memanggil atau tidak Rizieq Syihab dalam persidangan berikutnya. Yang pasti, kata Indriyanto, Majelis Hakim berwenang melanjutkan persidangan, meski tanpa dihadiri Rizieq Syihab selaku terdakwa.

“Itu merupakan kebijakan Hakim saja jadi berkehendak atau tidak memanggil lagi. Tapi prinsipnya Hakim memiliki wewenang untuk melanjutkan sidang tanpa kehadiran Rizieq Syihab,” kata Indriyanto, Sabtu (20/3/2021).

Menurut Indriyanto, tidak perlu ada upaya paksa untuk menghadirkan Rizieq Syihab dalam proses persidangan. Meski tanpa dihadiri Rizieq dalam persidangan berikutnya, proses persidangan ini bukanlah persidangan in absentia dimana keberadaan tersangka atau terdakwa tidak diketahui keberadaannya sejak proses pra-adjukasi.

“Tapi persidangan dengan proses Optegenspraak atau pernah hadir sekali, tapi tidak pernah hadir selanjutnya. Sehingga Hakim memiliki otoritas melanjutkan persidangan, meski ada penolakan hadir dari Rizieq Syihab,” katanya

 

Sumber: BeritaSatu.com

Comment

Related Post