by

Guru Rizieq Wafat, Rumah Duka Habib Ali Dibanjiri Pelayat

Jakarta, Mimbar Bangsa Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, yang merupakan guru eks pentolan FPI, Habib Rizieq Shihab meninggal dunia, hari ini, Jumat (15/1/2021). Habib Ali menghembuskan nafas terakhir, sore tadi sekitar pukul 15.30 WIB.

Dari pantauan media sekitar pukul 20.40 WIB, kediaman rumah duka Habib Ali di kawasan Tebet Utara 1A, Jakarta Selatan, mulai dipadati para pelayat yang hendak melihat almarhum untuk terakhir kalinya sebelum disemayamkan.


Terlihat banyak pelayat yang memakai pakaian muslim serba putih dan mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker.

Dari keterangan salah satu warga di lokasi, jenazah Habib Ali sudah berada di rumah duka sudah sejak sore sekitar pukul 18.00 WIB.

“Iya sudah di rumah duka sejak sore,” ucapnya

Para pelayat yang datang pun, tidak semuanya bisa masuk ke kediaman alharhum Habib Ali. Lantaran sudah terlalu banyak yang ingin melihat guru dari Habib Rizieq Shihab itu untuk mengirimkan doa. Sehingga, sebagian pelayat mengular hingga ke jalan raya dan hanya melihat dari kejauhan.

Baca juga :  Lily Sofia yang Diviralkan Ternyata Istri Kedua Munarman

Belum nampak terlihat apakah ada sejumlah pejabat yang hadir untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Habib Ali.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui kapan jenazah Habib Ali akan dimakamkan.  Namun, menurut Informasi yang dihimpun, Habib Ali akan dimakamkan di Pondok Pesantren Al-Busyro di Citayam, Bogor, Sabtu (16/1) besok.

Untuk diketahui Habib Ali merupakan sosok guru untuk Habib Rizieq Shihab.  Salah satunya, ketika Habib Ali menjadi rumah pertama yang langsung disambangi oleh Rizieq ketika selama tiga tahun Rizieq  berada di Arab Saudi.

Latar Belakang Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf merupakan seorang ulama pengasuh Majelis Taklim melalui Yayasan Al-Afaf yang berlokasi di Bukit Duri, Tebet Utara, Jakarta Selatan. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf merupakan anak kedua dari pasangan Habib Ali bin Abdurrahman Ahmad Assegaf (Sayyidul Walid) dan Hj. Barkah binti Ahmad Fusyani. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf lahir pada tahun 1945 di Bukit Duri, Jakarta.

Baca juga :  TPUA Menggugat Jokowi Mundur Dari Jabatan Presiden

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf menikah dengan Syarifah Tuffahah binti Abdullah Al Haddad dikaruniai 7 orang anak yang bernama Syarifah Zahro, Habib Ahmad, Habib   Muhammad, Syarifah Zainab, Habib Alwi, Syarifah Aisyah, dan Habib Toha.

Riwayat Pendidikan dan Karier Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf memulai pendidikan langsung di bawah bimbingan Ayahnya di Madrasah Tsaqafah Islamiyah, Bukit Duri. Ia juga berguru kepada berbagai ulama besar seperti Habib Asad bin Syahab, Habib Ali bin Husein Al-Athos, Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi, Habib Salim bin Ahmad bin Jindan, Muallim Ahmad Junaedi, RKH. Abdullah bin Nuh dan masih banyak yang lain.

Baca juga :  Polda Banten Siap Implementasikan Maklumat Kapolri Tentang Kepatuhan Larangan Kegiatan FPI

Beliau dikenal sebagai sosok ulama kharismatik yang ramah, dan mudah akrab dengan siapapun. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf juga dikenal sebagai guru dari Habib Rizieq Shihab.

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf pernah mendirikan Madrasah Assaqafah untuk jenjang TK dan SD di Menteng Atas dan kemudian ia pindah ke Bukit Duri dan mendirikan Majelis Taklim Al-Afaf. Nama Majelis Taklim Al-Afaf didapatkan dari pemberian salah satu gurunya yang bernama RKH. Abdullah bin Nuh. Seiring berjalannya waktu, Majelis Taklim Al-Afaf kini banyak disinggahi oleh berbagai ulama besar dari berbagai penjuru dunia.

Seperti itulah profil Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, ulama Indonesia yang meninggal dunia hari ini, Jumat (15/1/2021).

Sumber: Suara.com




Comment