by

Formasi Seleksi Guru PPPK tahun 2021 dan Perbedaannya Dengan Tahun Sebelumnya

-NASIONAL-592 views

Jakarta, Mimbar Bangsa – Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memberikan penjelasan tentang seleksi Guru PPPK tahun 2021, merupakan seleksi massal. Seleksi Guru PPPK tahun 2021 ini akan dilangsungkan secara online.

Tingginya kebutuhan terhadap tenaga pengajar atau guru di Indonesia, maka pemerintah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin dan seadil-adilnya.


Meskipun begitu ada perbedaan seleksi Guru PPPK tahun ini dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut yaitu:

  1. Tahun sebelumnya perekrutan guru PPPK sangat terbatas dan ada kuota-kuotanya. Sedangkan ditahun ini, semua guru honorer dan lulusan DPG bisa mengikuti seleksi tersebut.
  2. Kuota tahun ini sebanyak satu juta guru, sehingga siapun yang lolos tes seleksi dijamin akan menjadi guru PPPK.
  3.  Tahun ini, Kemendikbud mempersiapkan materi pembelajaran untuk pendaftar. Materi dapat diperoleh secara daring.
  4. Peserta seleksi mendapatkan kesempatan sebanyak tiga kali untuk mengikuti tes seleksi.
  5. Sebelumnya, Pemerintah Daerah yang menyiapkan gaji bagi guru PPPK. Tahun ini, pemerintah pusat yang menyiapkan gaji bagi para peserta seleksi yang lulus.
  6. Biaya ujian ditanggung oleh Pemerintah Pusat.

Nadiem Makarim menjelaskan “agar pemerintah bisa mencapai target ini, pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah agar mengajukan formasi sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhannya.”

Sampai saat ini, formasi yang didapatkan masih sebanyak dua ratus ribu, sedangkan yang dibutuhkan sebanyak satu juta.

“Kemendikbud, PAN RB dan Kemenkeu bekerja sama untuk benar-benar memberikan kesempatan yang adil kepada semua guru honorer, untuk membuktikan kehandalannya, membuktikan kompetensinya untuk menjadi ASN” Ungkap Nadiem.

Comment

Related Post