by

Festival Desa Budaya di Desa Hilinawalo Fau, Wujud Pelestarian Budaya

Mimbar Bangsa - -Nias Selatan-10 views

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Kebudayaan merupakan warisan kekayaan dari nenek moyang yang harus dijaga dan dilestarikan. Jaman terus bergulir dari waktu ke waktu tetapi budaya harus tetap ada dan aset yang harus kita wariskan juga kepada anak cucu, generasi penerus.

Salah satu desa yang turut menjaga dan melestarikan budaya yaitu Desa Hilinawalo Fau. Pagelaran Fesstival Desa Budaya sebagai wujud pelestarian kekayaan budaya tradisional di Desa Hilinawalo Fau. Pelaksanaan kegiatan Festival Desa Budaya bertujuan untuk melestarikan kekayaan budaya yang dilaksanakan di Desa Hilinawalo Fau Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara, Rabu (21/07/2021).

Pada pelaksanaan Festival Desa Budaya ini, turut hadir beberapa tokoh. Sejumlah Tokoh masyrakat yang datang yakni Ama Elsa sebagai bangsawan desa hilinawalo fau, Hendra Buulolo selaku Kepala Desa Hilinawalo Fau, Ketua sanggar budaya Fuji Eli Buulolo, tokoh Masyarakat Fakake Bu’ulolo., tokoh masyarakat Nata Naeli Harefa, tokoh masyarakat Hilarius Halawa, tokoh masyrakat Sukari Halawa, tokoh masyrakat Dasarius Zebua dan Tokoh pemuda.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Hilinawalo Fau mengatakan bahwa dalam pagelaran ini menampilkan seluruh potensi yang dimiliki Desa.

“Festival Desa Budaya yang dilaksanakan pada hari ini menampilkan berbagai kekayaan budaya desa dan seluruh potensi yang dimiliki desa” ujarnya.

Untuk  membangkitkan kembali pelestarian budaya didesa adat Hilinawalo Fau perlu diperhatikan bahwa

1. Kegiatan budaya sejatinya adalah sebuah bagian yang tidak dapat terlepaskan dari nafas kehidupan sehari- hari masyrakat desa hilinawalo fau.

2. Sumber daya yang dimiliki desa hilinawalo fau dalam hal kebudayaan sangat mumpuni namun belum maksimal.

3. Muncul kesadaran dari dalam diri masyarakat atas semangat gotong royong dan suka rela, bersama dengan para tokoh & relawan dari luar desa untuk bersama- sama, bahu membahu membangkitkan kembali potensi budaya tersebut.

4. Hal ini ditandai dengan disepakatinya rencana untuk kembali menggeliatkan latihan secara rutin atas dasar kecintaan & kesadaran bahwa adat dan budaya harus dilestarikan dan diturunkan kepada generasi berikutnya.

5. Walaupun sempat mendapatkan tantangan dari sejumlah oknum, namun atas dasar kebesaran hati dan persatuan masyarakat yg mendukung, latihan  dapat terlaksana dengan baik sampai selesai.

6. Dalam hal ini kami masyarakat Hilinawalo fau mohon dukungan pemerinta daerah dan lebih- lebih pemerintah pusat .

7. Kegiatan ini diharapkan terus berlanjut dan berkembang ke arah program kegiatan yg positif dan dapat menjadi sarana bagi masyarakat Desa Hilinawalo Fau khususnya generasi muda untuk membangun desanya, tandas Kades.

(F Buulolo)

Comment