by

Fanolo Gulo Kepala Desa Sisobawino II: Penyaluran BLT DD Berjalan Dengan Transparan dan Penuh Hikmat


Nias Barat, MIMBAR BANGSA, Sisobawino II, Selasa (09/06/2020). Fanolo Gulo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai atau yang lagi hangat diperbincangkan ditengah-tengah Masyarakat BLT DD yang anggarannya terambil dari Dana Desa sebesar 30%.

Dalam kegiatan penyaluran BLT DD ini dihadiri oleh Camat Lolofitu Moi Yarely Halawa S. Pd., Sekcam beserta jajaran, mewakili Danramil, Kapolsek, unsur Pkb Kecamatan Lolofitu Moi, Pendamping Desa Sarotani Gulo, SE,  BPD beserta Perangkat atau  Aparat Desa Sisobawino II dan Para Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya Kepala Desa Sisobawino II Kecamatan Lolofitu Moi Kabupaten Nias Barat Fanolo Gulo mengutarakan bahwa BLT DD ini data yang sudah diajukan sebanyak 58 PKM, namun setelah diverifikasi oleh Tim Gugus Covid-19 Desa Sisobawino II yang terealisasi tinggal 21 PKM, sedangkan sisanya yang 37 orang datanya telah masuk kedalam penerima BST (Bantuan Sosial Tunai)  dari Kemensos.

Lebih jelas lagi Fanolo Gulo menyampaikan kepada PKM yang sebelumnya sudah diajukan nama dan belum menerima BLT DD untuk tidak berkecil hati karena akan menerima bantuan lain yang sama juga jumlahnya, hanya saja berbeda prosedur penerimaan dan sumber dananya.

BLT DD yang dibayarkan kali ini kepada KPM selama dua bulan (April-Mei) sebesar Rp 1.200.000. Keluarga penerima manfaat yang mendapat BLT DD merupakan keluarga yang tidak ada datanya pada penerima PKH, BST, BNT dan lain-lain sesuai pada peraturan Menteri Desa UU Nomor 6 Tahun 2020.
Pada kesempatan itu juga Kepala Desa Sisobawino II menghimbau kepada keluarga penerima manfaat untuk mengelola bantuan tersebut ke dalam hal-hal yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarga akibat pandemi Covid19.

Dalam hal penyaluran BLT DD ini, Fanolo Gulo selaku Kepala Desa mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah karena adanya program BLT DD tersebut dapat membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. Dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berdoa dan berlaku hidup sehat, imbuhnya.

Dalam arahannya Camat Lolofitu Moi Yarely Halawa S. Pd. mengharapkan kepada Keluarga Penerima Manfaat dan masyarakat untuk selalu waspada dan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah, menggunakan masker saat di luar rumah dan mencuci tangan. Tidak lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, kepada KPM nantinya untuk dapat digunakan agar kebutahannya dapat terbantu dan bukan untuk disalahgunakan.

Yarely Halawa S. Pd. sebagai Camat Lolofitu Moi mengucapkan terma kasih kepada pemerintah desa dan tokoh masyarakat atas kerja sama yang sangat baik dalam pengambilan keputusan pada pembagian BLT DD tersebut dan terlebih lebih pada data yang sangat akurat dan transparan kepada masyarakat Desa Sisobawino II. Terbukti daftar nama-nama penerima bantuan dari BLT DD telah dilengketkan di papan informasi Desa, tangkasnya.

Nb/Agusrama Laia


Comment

Related Post