by

Faduhusi Daely Lauching Objek Wisata Air Terjun Lawu-Lawu di Desa Sisobaoho

Nias Barat, Mimbar Bangsa- Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd., MA., MM., kembali menetapkan sebuah Desa di Wilayah  Kabupaten Nias Barat sebagai Desa Wisata. Yakni, Desa Sisobaoho Kecamatan Mandrehe Barat dengan Ikon Air Terjun Lawu-Lawu. Jumat, (09/04/2021).

Penetapan Desa Sisobaoho menjadi Desa Wisata ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Andi Marpaung yang mewakili Direktur Pengembangan Pariwisata Regional 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan pengguntingan Pita oleh Ketua TP PKK Nias Barat Ny. Insani F. Daely serta penyerahan SK Bupati tentang Penetapan Desa Wisata kepada Kelompok Sadar Wisata (Kopdarwis) di Desa Sisobaoho.


Terungkap dalam laporan Pj. Kepala Desa Manase Gulo bahwa Desa Sisobaoho masih sangat terisolir, belum ada jaringan listrik dan jaringan internet yang menjangkau Wilayah Desa Sisobaoho.

Walaupun demikian, potensi pariwisata di Desa Sisobaoho ada banyak yang belum diekspos. Baik dari segi keindahan alamnya, air terjun di beberapa lokasi serta Bukit Golgota yang dapat menjadi daya tarik wisata bila dikembangkan dengan serius.

Sementara itu, Andi Marpaung sangat mengapresiasi ditetapkannya Desa Wisata Sisobaoho di Nias Barat. Menurutnya, hal yang paling penting adalah pengelolaan sehingga penting dilakukan pelatihan kepada Kopdarwis di Desa tentang pengelolaan pariwisata. 49U5 Laia

Comment

Related Post