by

DPRD Sahkan Ranperda Perlindungan Perempuan, Anak Dan Perizinan Bidang Kesehatan

Nias Selatan,MimbarBangsa.co.id -– Mempedomani surat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Nomor: 188.45/9841/2020 dan 182.342/1400/2021 serta sesuai amanah pasal 88 ayat 1 permendagri nomor 80 Tahun 2015, Pemerintah dan DPRD Kabupaten Nias Selatan menyelenggarakan rapat Paripurna tentang persetujuan bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang penyelenggaraan perlindungan perempuan dan anak serta perizinan bidang kesehatan, di Gedung DPRD Jl. Saonigeho Km.3 Telukdalam, Jumat(12/03)
Plt. Sekwan DPRD Nias Selatan, John Leonardo Hulu, S.IP.
Adapun pemandangan akhir masing-masing Fraksi terhadap rancangan Perda tersebut menyatakan menerima dan setuju untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah Kabupaten Nias Selatan.
Bupati, Dr. Hilarius Duha, SH.,MH., mengatakan penyusunan kedua rancangan peraturan tersebut merupakan komitmen bersama antara lembaga DPRD dan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan yang telah dituangkan pada Program Legislasi Daerah ( PROLEGDA ) Tahun anggaran 2020.
Dimana kedua RANPERDA tersebut memiliki tujuan diantaranya Perda tentang penyelenggaraan perlindungan perempuan dan anak, bertujuan memberikan pedoman kepada Pemerintah Daerah dalam penyusunan perencanaan kebijakam strategis mencegah terjadinya pelanggaran atas Hak perempuan dan anak serta meningkatkan peran lembaga Pemerintah dan/atau lembaga swadaya masyarakat dalam perlindungan perempuan dan anak.
Perda tentang perizinan bidang kesehatan bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kepastian Hukum bagi penyelenggaraan fasilitas kesehatan, Mutu tenaga kesehatan serta keamanan pangan bagi masyarakat wilayah Kabupaten Nias Selatan.
“Mengenai teknis pelaksanaannya, Pemerintah akan menindaklanjutinya dengan penyusunan petunjuk teknis sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kewenangan Pemda, seraya mengajak bersama untuk mensosialisasikannya kepada seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder’s di Kabupaten Nias Selatan agar berjalan efektif”, Ucap Hilarius Duha saat menyampaikan pendapat akhir pada sidang paripurna tersebut.
Rapat Paripurna tentang kedua RANPERDA tersebut ditandai dengan Nota persetujuan bersama antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Kabupaten Nias Selatan yang ditandatangani oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH., MH., dan Ketua DPRD, Elisati Halawa, ST., serta Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha, S.IP., MM., dan Agustana Ndruru.
Turut hadir Wakil Ketua DPRD, Forkopimda Kabupaten Nias Selatan, Anggota DRPD, Sekda, Asisten, Kepala OPD atau yang mewakili, PERS dan tamu undangan lainnya. (Diskominfo, Red.)

Comment

Related Post