by

DPRD Gelar Rapat Istimewa Tetapkan HD – Firman Sebagai Bupati dan Wabup Nias Selatan

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nias Selatan melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Pengumuman dan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih. Rapat  berlangsung di Aula Rapat Paripurna DPRD Jalan Saonigeho Km. 3 Teluk Dalam, Senin, (23/3/2021).

Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Pengumuman dan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa, S.T. didampingi Wakil Ketua, Agustana Ndruru.


Dalam sambutan Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa, S.T.,  menyampaikan bahwa penetapan Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Pengumuman dan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih berpedoman dengan UU RI No. 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua UU No. 1 Tahun 2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota pasal 160 ayat 2 mengenai tahapan dan mekanisme usulan pemberhentian dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih kepada Mendagri RI melalui Gubernur Sumatera Utara.

Jonh Leonardo Hulu, S.IP. sebagai Plt. Sekwan Nias Selatan  juga menyampaikan bahwa penetapan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selata Terpili, berdasarkan Berita Acara Rapat Pleno KPU Kabupaten Nias Selatan Nomor : 11/PL.02.7-BA/1214/KPU-Kab/III/2021 tentang Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2020.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. yang disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Gayus Duha menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan sangat mengapresiasi dan menghormati setiap tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2020 yang telah dilakukan oleh KPU secara serentak dan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Pelaksanaan Pilkada telah sama-sama kita ketahui tahapannya dan telah kita lalui dengan kearifan serta partisipasi aktif kita. Bahkan, seluruh komponen masyarakat, KPU, dan Bawaslu telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2020,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan telah berjalan dengan kondusif, aman, dan damai serta sudah sesuai pilihan masing-masing hingga ditetapkan oleh KPU Kabupaten Nias Selatan.

“Suksesnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen penyelenggara, mulai dari KPU, Bawaslu, TNI-Polri, Pers/LSM,  dan seluruh pihak terkait yang telah bekerja keras dan ikhlas bersama,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh partai pengusung yang mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan dan tim sukses dari kedua pasangan calon, karena suksesnya pelaksanaan Pilkada juga tidak terlepas dari komunikasi dan koordinasi yang terjalin baik kepada pihak-pihak lainnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Nias Selatan karena selama ini telah menunjukkan kerja sama yang baik, antara jajaran Legislatif dan Eksekutif sehingga bisa mengerjakan tugas- tugas di Pemerintah Nias Selatan secara optimal.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gayus Duha menyampaikan ucapan selamat kepada Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. dan Firman Giawa, S.H., M.H. yang telah  memenangkan Pilkada Nias Selatan Periode 2021 – 2024.

Turut hadir saat itu, Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan terpilih, Hilarius Duha dan Firman Giawa, Kapolres Nias Selatan, AKBP Arke Furman Ambat, S.Ik., M.H. Danlanal Nias Letkol Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, mewakili Kajari Nias Selatan, Kasi Intel Satria P. Zebua, para OPD, Camat, dan beberapa pimpinan partai politik serta LSM dan Wartawan.

Usai Rapat Paripurna, ditutup dengan doa dan foto bersama.

Comment

Related Post