by

Dosen USU Terus Galakkan Pengabdian Masyarakat

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id — Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Sumatera Utara (USU), pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di destinasi wisata Hutan Mangrove di Desa Sisarahili Teluk Siabang Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara, Minggu 12 September 2021.

Tim pengabdian masyarakat dari Universitas Sumatera Utara (USU) yang terdiri dari  Dr. T. Alief Aththorick, S.Si, M.Si sebagai ketua tim pengabdian, Dr. Erni Jumilawati, M.Si sebagai anggota tim pengabdian), dan Meyman Sokhi Ziliwu, S.Kom., M.Kom sebagai narahubung, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk melaksanakan pemetaan zona ekowisata berbasis mangrove dan pelestarian tanaman mangrove serta promosi dan publikasi produk wisata pedesaan khususnya di Desa Sisarahili Teluk Siabang.

Tim Pengabdian melaksanakan  sosialisasi dan pelatihan serta penyuluhan terkait  pembibitan tanaman mangrove serta pemeliharaannya, pemanfaatan mangrove sebagai komoditi kuliner dan juga kerajinan.

Pengabdian masyarakat ini mendapat dukungan khususnya dari Pemerintah Desa yang telah memberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk mengembangkan tanaman mangrove ini sehingga menjadi ekowisata yang memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat.

Kepala Desa Sisarahili Teluk Siabang, Bapak Tonawamati Telaumbanua sebagai mitra pengabdian masyarakat sangat menyambut baik program pengabdian masyarakat ini, dengan harapan agar konservasi mangrove ini tetap dilanjutkan sehingga memberikan efek positif dalam  meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Desa Sisarahili Teluk Siabang.

Kepala Desa juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Rektor Universitas Sumatera Utara atas program pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan dan berharap kehadiran program lainnya di desa Sisarahili Teluk Siabang.” ucap Kades.

Comment

Related Post