by

Dosen USU Laksanakan Pengabdian Masyarakat Pada STIE Pemnas Nias

Nias Utara, MimbarBangsa.co.id — Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) laksanakan pengabdian masyarakat pada STIE Pemnas Nias. Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung di Kampus STIE pembnas Nias, Jl. Karet No.30 Kelurahan Pasar Gunung Sitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Jumat 10 September 2021 yang lalu.

Penelitian adalah salah satu pilar kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi selain mengajar juga mengabdi kepada masyarakat. Pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah pembeda antara perguruan tinggi dengan sekolah tingkat menengah.

Dalam rangka itulah, dosen dari Universitas Sumatera Utara (USU) yaitu Saharman Gea, PhD (Ketua Tim),  Dr. Eng. Taufiq Bin Nur, ST.,M.Eng.Sc, Dr. T.Alief Aththorick S.Si., M.Si, Dr. Yeni Absah, SE., M.Si , dan Dr. Erni Jumilawati, M.Si melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan (workshop) yang diawali pada tanggal 10 September 2021 kepada mitranya STIE PEMBNAS Nias yang diikuti oleh 37 orang dosen dengan topik ‘Peningkatan kemampuan melakukan penelitian berbais kearifan lokal’.

Seluruh peserta dibagi menjadi 5 kelompok dan masing-masing kelompok dan masih akan dibimbing oleh para nasumber secara daring.

Pengabdian masyarakat ini diawali oleh permintaan Ketua STIE PEMBNAS Nias Desman Nazara kepada Saharman Gea, PhD pada beberapa waktu yang lalu agar diberikan pelatihan kepada para dosen STIE Pembda Nias agar mampu membuat proposal penelitian  yang berkualitas baik nanti dimanfaatkan oleh para staf untuk melanjutkan studi ke jenjang doktoral maupun untuk mendapatkan dana penelitian dari sponsor.

Hal itu terungkap pada saat Ketua STIE PEMBDA Nias menyampaikan sambutan dan sekaligus secara resmi membuka acara pelatihan.

‘Sudah saatnya dosen di lingkungan STIE PEMBDA Nias, melakukan penelitian yang mengangkat issue lokal,” Saharman Gea, PhD menegaskan di depan para peserta pelatihan.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa Kepulauan Nias adalah laboratorium besar untuk digali menjadi sumber inspirasi para peneliti. Kekayaan dan keindahan alam, budaya, megalitik, sejarah peradaban, cerita rakyat, termasuk realitas bahwa 4 daerah 3T ada di Kepulauan Nias adalah sumber inspirasi yang layak diangkat menjadi topik penelitian di kalangan dosen.

Melalui penelitian diharapkan akan terungkap potensi yang layak dikembangkan dan direkomendasikan kepada pemerintah setempat untuk diperhatikan yang pada akhirnya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat lokal.” tutur Saharman.

Dr. Eng. Taufiq Bin Nur, ST.,M.Eng.Sc, dosen dari Teknik Mesin USU dan alumni dari Kyushu University  Jepang memberikan ulasan penyusunan proposal yang berkualitas. Acara pelatihan semakin menarik pada saat Dr. Yeni Absah, SE., M.Si, dosen Manajemen FE USU memberikan contoh-contoh topik penelitian yang berbasis kearifan lokal.

Para peserta kelihatan antusias menyampaikan pertanyaan-pertanyaan sampai acara selesai.

Ketua STIE Pembangunan Nasional Nias Desman Serius Nazara, SE., MM menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya khususnya kepada tim pengabdian masyarakat dari USU yang sudah merelakan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan workshop atau pelatihan pada dosen STIE Pembangunan Nasional Nias sembari mengharapkan tim pengabdian ini dapat terus memberikan dukungan dan keberlanjutan bimbingan pada khususnya dan semoga kegiatan ini dapat berlanjut.” ucapnya

Hasil dari pengabdian ini diharapkan lahirnya penelitian dan tulisan ilmiah dari dosen dan mahasiswa STIE Nias berbasis kearifan lokal. Kegiatan pendampingan pun akan dipublikasikan dalam media massa setempat dan jurnal pengabdian masyarakat.” tutup Desman

Comment

Related Post