by

Dodi Reza Alex : Kita Akan Kawal dan Support Agar Andai Andai Menjadi Warisan Budaya Tak Benda Nasional

Musi Banyuasin, MimbarBangsa.co.id – Andai andai merupakan salah satu kesenian dari Musi Banyuasin, Sumatera Selatan yang telah menjadi warisan budaya oleh leluhur dari dahulu hingga saat ini.

Menanggapi akan hal itu, Bupati Musi banyuasin Dr. Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ, MBA mengatakan, bahwa dirinya akan mengawal dan mensupport secara maksimal untuk mengusulkan kesenian Andai Andai Muba menjadi warisan budaya Tak Benda nasional.


“Ini bagian dari langkah konkrit dan komitmen kita menjaga warisan budaya dari leluhur agar bisa dijaga terus menerus dan berkelanjutan dari generasi ke generasi,” ujar Dodi, Minggu (14/3/2021).

Kepala Dinas Dikbud Muba, Musni Wijaya, S.Sos.,M.Si melalui Kabid Kebudayaan Muardi, S.Pd.,MM menyampaikan bahwa andai andai merupakan salah satu tradisi lisan warisan leluhur Bumi Serasan Sekate yang masih sangat terjaga.

Dijelaskan Muardi bahwa Kabupaten Musi Banyuasin kaya dengan sastra lisan, sastra lisan tersebut menjadi milik masyarakat Muba sejak lama.

“Salah satu sastra lisan yang ada di Muba adalah cerita rakyat, cerita rakyat yang tumbuh dan berkembang di wilayah muba disebut andai-andai.” jelasnya.

Lanjutnya Muardi menilai andai-andai telah layak menjadi warisan budaya Nasional, andai andai sudah diketahui sejak lama oleh masyarakat Muba.

“Andai andai memiliki nilai yang dapat dipetik dengan cara mendengarkan lantunan cerita yang dituturkan penutur, nilai-nilai tersebut antara lain nilai kehidupan, moral, budaya hingga nilai kepahlawanan.” ungkapnya.

Dilain tempat, Sobri salah satu penggiat kesenian Andai andai mengaku bahwa dirinya sangat senang dan bangga jika benar kesenian andai andai akan masuk kedalam salah satu warisan budaya Nasional.

“Kami sangat berterimakasih karena pihak pemerintah dalam hal ini melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah sangat perduli dengan kelestarian dan warisan budaya yang ada di Muba,” tukasnya. (ALDO M)

Comment