by

Diselamatkan Kapal Asing, 35 ABK Kapal Terbakar Sampai Di Nias Selatan

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Sebanyak 35 ABK yang selamat di kapal terbakar di Pulau Nias, kini telah tiba di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, pada Jumat, (10/9/2021).

Evakuasi terhadap 35 ABK itu, dilakukan oleh Tim SAR gabungan dari personil Basarnas Nias, Lanal Nias, Kodim 0213 Nias, Polres Nias Selatan, Polair Polres Nias Selatan, personil Koramil 12/Teluk Dalam dan Sat Pol PP Kabupaten Nias Selatan.

Mereka dievakuasi dari kapal asing MV Felicana berbendera Norwegia yang tiba di perairan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan, berkisar pukul 06.00 WIB.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal Nias) Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo dalam keterangannya didampingi Kapolres Nias Selatan, Dandim 0213 Nias dan Wakil Bupati Nias Selatan mengatakan, hari ini telah dilaksanakan kegiatan kemanusiaan, yaitu pertolongan terhadap ABK KM Maju Abadi 02 yang telah mengalami musibah kebakaran pada hari Rabu (7/9/2021) lalu.

“Jumlah ABK awal 39 orang dan pada saat kejadian kebakaran, yang selamat 35 orang dan 4 orang ABK dinyatakan hilang,” terang Danlanal.

Ia menerangkan, ABK ini diselamatkan oleh kapal kargo MV Felicana berbendera Norwegia yang sedang melintas pada saat itu, dan telah tiba di perairan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan untuk mengantarkan ABK yang selamat di titik koordinat berdasarkan hasil koordinasi antara Basarnas Pusat, Basarnas Nias dengan pihak kapal.

Ia menuturkan, KM Maju Abadi 02 ini mulai berangkat melaut dari Cilacap Jawa Barat tanggal 3 Maret 2021 dan rencananya melaut selama 7 bulan.

“Langkah selanjutnya setelah menerima ABK ini, akan dilaksanakan pengecekan kesehatan dan kemudian seluruh ABK selamat akan diistirahatkan untuk sementara di Rusunawa TNI AL Jalan Baloho sambil menunggu rencana kepulangan dan koordinasi seluruh ABK bisa kembali ke tempat masing-masing, yakni di Jakarta,” tutur Hendro.

“Seluruh proses evakuasi berjalan aman dan baik, serta atas nama Pemerintah Indonesia dan KSAL AL mengucapkan terima kasih kepada Kapten kapal MV Fericana berbendera Norwegia dalam upaya pertolongan kemanusiaannya yang telah menyelamatkan ABK kapal KM Maju Abadi 02,” ujar dia menambahkan.

Sementara, Kakansar Nias Agus W menyebut, pada proses evakuasi berjalan aman dan lancar dan semua penumpang  yang selamat telah diswab untuk mengecek kesehatan mereka.

“Semuanya sehat dan dari hasil swab, negatif, dan selanjutnya akan dirujuk di Rusunawa Lanal Nias,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Basarnas Nias melalui Kasi Ops. Benteng T mengatakan, pada Rabu (8/9/2021), sekitar pukul 10.00 WIB, di Samudera Hindia sekitar 382 NM dari Pulau Nias, telah terjadi kecelakaan kapal nelayan, yakni terbakar dan 35 orang ABK dievakuasi oleh kapal asing berbendera Norwegia, dalam keadaan selamat.

Kecelakaan kapal tersebut terjadi di lokasi duga 00°38’00” S – 091°40’00 E Radial 252 derajat sekitar 382 NM dari Pulau Nias dan ABK nya yang berjumlah 35 orang dievakuasi oleh kapal asing berbendera Norwegia yang sedang melintas, MV Felicana. (AZ/Red.)

Comment

Related Post