by

Disaksikan Jokowi, Andi Samsan Nganro Ucapkan Sumpah Wakil Ketua MA

Jakarta, Mimbar BangsaPresiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyaksikan pengucapan sumpah Hakim Agung Andi Samsan Nganro sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (15/2/2021).

Prosesi upacara diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dengan Hormat Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung dan Pengangkatan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial.


“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang- undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Andi Samsan Nganro.

Andi Samsan Nganro ditetapkan sebagai Wakil Ketua MA Bidang Yudisial pada Sidang Paripurna Khusus Mahkamah Agung Republik Indonesia, pada 20 Januari 2021 di Mahkamah Agung.

Sebagai hakim agung karier, ia menjadi hakim agung sejak tahun 2013 setelah melalui seleksi Komisi Yudisial (KY) dan disetujui DPR.

Jabatan yang kini diduduki Andi Samsan Nganro telah lowong sejak April 2020, setelah ditinggalkan Muhammad Syarifuddin yang terpilih sebagai ketua MA.

 

 




Comment