by

Dirgahayu TNI Ke-76, Lanal Nias Bersama Forkompida Ikuti Upacara Virtual

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Lanal Nias bersama Forkompida Nias Selatan mengikuti Upacara Peringatan HUT TNI ke-76 yang dilaksanakan secara serentak dan virtual di Lapangan Mako Lanal Nias jalan Baloho Indah Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Senin (05/10/2021).

HUT TNI digelar setiap 5 Oktober tahun berkenan. Dirgahayu TNI ke -76 tahun 2021 diadakan secara virtual dengan tema: “Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang.”

Dalam mengikuti Upacara HUT TNI ke-76 secara virtual tersebut diikuti oleh Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, S.H., M.H., Kajari Nias Selatan, Mukharom S.H., M.H., Wakil Ketua I DPRD Nias Selatan, Fa’atulo Sarumaha, S.IP, M.M., Wakapolres Nias Selatan, Kompol Jauhari Lumban Toruan, Batituud Koramil 12/Teluk Dalam Peltu Suhendra Jaya, dan personil Lanal Nias yang terdiri dari para Perwira, perwakilan Pamen, Pama, Bintara, dan Tamtama.

Lanal Nias bersama Forkopimda mengikuti kegiatan upacara secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Perayaan HUT ke-76 TNI dimulai dengan persiapan pasukan dan kelengkapan di daerah masing-masing, termasuk di Istana Merdeka.

Pasukan upacara masuk ke lokasi upacara, dilanjutkan dengan komandan upacara dan lambang-lambang kesatuan memasuki tempat upacara.

Kolonel Infanteri Tunjung Setiabudi bertugas sebagai komandan upacara. Kolonel Infanteri Tunjung Setiabudi  Lahir di Solo, 3 Agustus 1977, lulusan Akademi Militer tahun 1998. Dan saat ini sedang menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri 21 Komodo Kodam IX Udayana.

Sebagai perwira upacara adalah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, lahir di Bangkalan, 10 November 1971, lulusan Akademi Militer tahun 1993, dan saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma’aruf Amin memasuki tempat upacara. Setelah itu, dilakukan salam kebangsaan diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah dilakukan penghormatan kebesaran kepada inspektur upacara dan laporan komandan upacara yang menyatakan upacara siap dimulai, Presiden mengumandangkan heningkan cipta.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” tandas Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi menyaksikan pengucapan Sapta Marga oleh tiga prajurit TNI dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).
Kemudian, Jokowi menyaksikan penganugerahan tanda kehormatan kepada 3 prajurit TNI.

Penyampaian amanat upacara yang disampaikan Jokowi. Setelah itu, Presiden dan Wakil Presiden menyaksikan demonstrasi udara.
Jokowi kemudian melaksanakan konferensi video didampingi KH Ma’ruf Amin, Panglima TNI, Kapolri dan para Kepala Staf Angkatan dengan prajurit TNI. (YD)

Comment

Related Post