by

Di Tengah Pandemi Corona, Disbudparpora Nias Selatan Diam-diam Paksakan Gelar Nias Marine Festival di Kepulauan Tello


Nias Selatan, Mimbar Bangsa  – Meski sebelumnya dinyatakan batal pelaksanaan event Nias Marine Festival, nyatanya diam-diam Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) ternyata menggelar acara itu juga di Kepulauan Tello di tengah pandemi Corona.
Kadisbudpora Nisel, Anggraeni Dachi tidak bersedia bertemu wartawan yang hendak mengkonfirmasi terkait kebenaran informasi tersebut, Selasa (14/04/2020). Salah seorang stafnya diberi petunjuk untuk mengarahkan kepada Sekretaris Dinas, Reliman Harefa.

Sayangnya, Sekretaris Dinas (Sekdin) justru mengaku tidak mengetahui persis secara detail tentang kegiatan tersebut. Reliman juga mengaku tidak diikutkan ke Kepulauan Tello dalam rangka pelaksanaan kegiatan tersebut. Begitu juga soal anggaran, Sekdin sama sekali tidak mengetahuinya. Dalam hal ini Kadisbudparpora sengaja menunjuk orang yang tidak menguasai dalam menyampaikan informasi kepada wartawan.

Karena merasa tidak sanggup memberi informasi akurat, Kepala Bidang Pengembangan, Liberty Fau dihadirkan di hadapan wartawan. Liberty menjelaskan: “Memang acara seremonial tidak dilakukan pada Nias Marine Festival, namun pihaknya tetap memfasilitasi para turis untuk berbelanja dan untuk memenuhi kebutuhan lain. Bahkan para turis akan membangun beberapa fasilitas seperti internet, sumur dan sebagainya.”
Ketika ditanya tentang jumlah anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan tersebut, Liberty mengatakan: “Tidak tahu pasti dan malah menyarankan untuk menanyakan langsung kepada Kadis”.

Cara-cara yang demikian dianggap suatu hal yang tidak pantas dalam system keterbukaan informasi public saat ini. Dengan tertutupnya informasi dan semakin menghindarnya Kadis, maka publik akan semakin menaruh curika, jangan-jangan ada yang tidak beres dalam pengelolaan anggaran pada kegiatan tersebut, begitu juga untuk kegiatan-kegiatan lain di Dinas Budparpora.

Sumber: Lasernewstoday


Comment

Related Post