by

Desa Pasucen Kecamatan Trangkil Jadi Ladang Emas Bagi Pengusaha Galian C


Pati, Mimbar Bangsa Suasana desa yang asri dan indah sangatlah diidam-idamkan oleh penduduk setempat. Karena desa yang mempunyai hawa sejuk akan memberi kenyamanan bagi penduduk yang menempatinya.

Tetapi beda dengan Desa Pasucen, desa yang ada di wilalayah Kecamatan Trangkil itu kini menjadi desa yang berdebu,, dikarenakan banyaknya galian C dan mobil-mobil dump truck pembawa tanah galian C yang berlalu lalang.

Meskipun ada upaya untuk meminimalisir debu-debu dengan cara penyemprotan air 2 kali dalam sehari, namun keadaan itu tetap  dirasakan oleh seluruh masyarakat setempat yang mengganggu pernafasan.

Saat Wartawan dari Media Online MIMBARBANGSA.co.id menemui Kepala Desa Pasucen Bapak Wiwik Hadiyanto di ruang kerjanya , beliau tidak mengetahui kalau di desanya  ada galian C dan yang beliau ketahui hanya di desa sebelah yaitu Desa Suwaduk, Kamis (03/09/2020).


“Saya tidak mengetahui kalau di desa saya ada galian C. Karna belom ada ijin masuk di saya. Yang saya tau yang ada galian C itu di Desa Suwaduk dan memang benar kalau dump truck itu lewat di desa kami, dan yang terpenting hal-hal yang menyangkut ketentraman lingkungan di kondisikan,” Ujar Kepala Desa Pasucen.

Pernyataan Kades tersebut bersimpangan dengan pengakuan Mbah Momok selaku salah satu pekerja di galian tersebut, yang bertugas sebagai pengatur rute keluar masuk dump truck.

Mbah Momok sendiri mengakui Galian C tersebut berlokasi di Dukuh Desa Pasucen.

“Ia benar, galian C itu berada di daerah Dukuh Desa Pasucen.” Mbah Momok menjelaskan, Jumat (28/08/2020). (Sudiharjo)


Comment