by

Des Walker Genjot Kekompakan Tim & Efektivitas Permainan Garuda Select


Jakarta, Mimbar Bangsa Di tangan pelatih kepala Garuda Select, Des Walker, Indonesia menitipkan bibit-bibit garuda muda untuk dijadikan pesepak bola berkualitas. Salah satu aspek yang jadi fokus pengembangan Des, yakni kedisiplinan dan teknik permainan tim maupun individu dari 18 pemain Garuda Select.

Selepas bermain imbang pada pertandingan kedua di Inggris melawan Mansfield U-18, skuad Garuda Select langsung ditempa dengan latihan intensif. Des menitikberatkan pelatihan kali ini pada kekompakan tim dan efektivitas permainan

Para pemain Garuda Select dibagi ke dalam empat tim untuk mengasah kekompakan tim dan mematangkan teknik dasar, seperti umpan satu-dua untuk menerobos pertahanan lawan. Pemain juga diajarkan pola komunikasi di atas lapangan agar dapat memperkuat koordinasi permainan.

Diungkapkan Des, skuad asuhannya mesti meningkatkan kekuatan fisiknya untuk menghadapi lawan-lawan tangguh di Inggris. Postur lawan yang lebih besar dan kuat menuntut para garuda muda untuk berjuang lebih keras. Mereka juga digembleng untuk menghadapi permainan dengan intensitas tinggi, menuntut para pemain untuk mengambil keputusan lebih cepat agar tak mudah kehilangan bola dalam permainan.

Pada pertandingan ketiga, Garuda Select berhadapan dengan pasukan MK Dons. Des meminta para pemain untuk mendominasi permainan seperti halnya pada pertandingan sebelumnya. Pemain harus bisa mengambil alih penguasaan bola dan mencetak gol lebih awal.

“Seperti yang kita selalu bilang dalam setiap pertandingan, senyum dan nikmati pertandingan,” pesan Des kepada anak asuhnya sebelum bertanding.

Arahan dari Des mampu diterjemahkan dengan baik oleh para pemain. Mereka tampil agresif dan dominan. Tiga gol berhasil diceploskan ke gawang MK Dons. Namun pada pertandingan itu, masih ada catatan ihwal konsistensi permainan yang melorot di seperempat waktu pertandingan yang membuat tim kemasukan dua gol dalam waktu berdekatan.

Perjalanan tim Garuda Select di Inggris dapat disaksikan dalam program “Garuda Select” di Mola TV. Selama pelatihan di Inggris, bibit garuda muda dibekali materi teknik permainan, latihan fisik, hingga bertanding melawan tim-tim junior di Inggris.

Tayangan Garuda Select dan acara lain di Mola TV, dapat ditonton melalui paket langganan Corona Care Mola TV yang dapat diakses dengan berdonasi mulai dari Rp 0 (melalui donasi doa) hingga Rp 5 juta. Melalui program tersebut, Mola TV mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli membantu pemerintah melawan virus Corona.

Setiap sumbangan yang diperoleh akan digandakan oleh Mola TV, serta disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan wabah virus Corona di Indonesi

Sumber : m.detiksport


Comment