by

Dapil IV Solid Memenangkan HD – Firman di Pilkada Nias Selatan 2020


Nias Selatan, Mimbar Bangsa — Hampir seribuan masyarakat Daerah Pemilihan (Dapil IV) menyatakan siap untuk menjadi Tim Sukses atau Tim Kampanye untuk memenangkan Pasangan Dr. Hilarius Duha, M.H. dan Firman Giawa, M.H di Pemilihan Kepala Daerah Nias Selatan Tahun 2020, yang akan digelar pada hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 sebagai upati dan Wakil Bupati Nias Selatan 2020 – 2024.

Pernyataan sikap sejumlah masyarakat Dapil IV ini dikumandangkan pada acara Pengukuhan Tim Kampanye HD – FIRMAN Sedapil IV di Aula Paroki Katolik Gomo – Lahusa pada hari Rabu, 16/9/2020.


Daerah Pemilihan (Dapil IV) Kabupaten Nias Selatan merupakan daerah pemilihan yang memiliki daftar pemilih terdaftar (DPT) sekitar -+ 32.000. Dapil empat ini meliputi Kecamatan Kecamatan Gomo, Kecamatan Boronadu, Kecamatan Mazo, Kecamatan Susua, Kecamatan Idanotae, Kecamatan Ulu Idanotae, dan Kecamatan Umbunasi.

Sambutan Elisati Halawa, Ketua DPRD Nias Selatan

Menurut Elisati Halawa, Ketua DPRD Nias Selatan, memenangkan HD-FIRMAN berarti kita turut menyelamatkan Nias Selatan dari kehancuran, dan dari praktek KKN di mana sejarah telah mencatat puluhan ASN masuk penjara karena kepemimpinan Idealisman Dachi (2011 – 2016).

Kader Partai PDI Perjuangan ini menuturkan beberapa catatan garis besar mega korupsi yang terjadi pada zaman kepemimpinan Idealisman Dachi yang juga mencalonkan diri mejadi Calon Bupati Nias Selatan di Pilkada Nias Selatan 2020. Adapaun garis besar dari Mega Korupsi ini adalah sebagai berikut :

  1. Tahun Anggaran 2015 Nias Selatan mengalami devisit +- Rp379 Miliar,
  2. Pada Tahun Anggaran 2015, Dana Desa/ADD yang belum dipertanggungjawabkan pada masa kepemimpinan mantan Bupati Idealisman Dachi sebesar +- Rp 47,8 Miliar sehingga 4 tahun berikutnya DD/ADD di Nias Selatan difinalti.
  3. Tunggakan biaya mahasiswa +- Rp 52 Miliar.
  4. Sekitar Rp 42 miliar Dana Proyek-proyek Pembangunan/rehab ruang Kelas Baru SDN/SMPN di Nias Selatan pada Tahun Anggaran 2014 – 2015 yang SP2D-nya sudah dikeluarkan, namun Kas Daerah dalam keadaan kosong. Sehingga membebani para kepala sekolah di Nias Selatan.

Dengan demikian Idealisman Dachi mewariskan semua beban di atas kepada Dr. Hilarius Duha, M.H.,  –  Sozanolo Ndruru sebagai Bupati/Wakil Bupati 2016/2020.

Sambutan Tongoni Tafonao, BA. Politisi Perindo dari Dapil IV

Dalam sambutannya, Tongoni Tafonao anggota DPRD Nias Selatan menyampaiak kepemimpinan Idealisman Dachi sangat jauh berbeda dengan mantan Bupati Nias Selatan Almarhum F. Laia. Almarhum F. Laia pada akhir kepemimpinannya meninggalkan warisan Kas Daerah sebasar Rp108 miliar dan beberapa pembangunan yang disertai dengan perilaku yang terpuji.

Sedangkan Idealisman Dachi yang merupakan mantan Bupati Nias Selatan, bukan hanya meninggalkan utang kepada Pimpinan Nias Selatan 2016/2020, di masa kepemimpinan beliau juga banyak aset daerah seperti mobil pejabat yang nyaris tidak kelihatan wujudnya.

Politisi dari Partai Perindo ini mengajak seluruh masyarakat Nias Selatan untuk berterima kasih Tuhan, karena kepemimpinan Hilarius Duha Beban Utang dan Devisit  warisan Idealisman Dachi bisa terselesaikan hingga akhir 2019. Dan di Tahun Anggaran 2020 ini sudah tidak ada lagi finalti atau pemotongan Dana Desa / DD.

Anggota DPRD dari Daerah Pemilihan IV Nias Selatan ini juga berharap dan mengajak seluruh masyarakan Dapil IV dan seluruh masyarakat Nias Selatan untuk mendukung Hilarius Duha menjadi Bupati Nias Selatan 2020/2024, sehinga pondasi kepemimpinan yang sudah dibangun bisa diteruskan beliau bersama dengan Firman Giawa yang merupakan profesionalis di birokrat.

Komitmen Firman Giawa dalam Membangun Nias Selatan

Pada kesempatan itu juga, Firman Giawa, M.H. Calon Wakil Bupati Nias Selatan menyampaikan bahwa pada tanggal 3 September 2020 telah mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan jabatan terakhir sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan).

Firman Giawa menjelaskan bahwa setelah mendengar pendapat dari beberapa tokoh Nias Selatan, beliau mengambil keputusan untuk menemani Hilarius Duha dalam Pilkada Nias Selatan 2020, walau masa jabatannya sebagai ASN masih 12 tahun lagi.

Mantan Sekwan ini mengatakan, keputusan ini dilakukan untuk bersama-sama meneruskan pondasi kepemimpinan yang baik selama pak Hilarius Duha memimpin Kabupaten Nias Selatan.

Firman Giawa menjelaskan menjadi salah satu saksi hidup yang menyaksikan betapa baiknya Hilarius Duha memimpin Nias Selatan, sehingga dia tidak ragu untuk ikut mencalonkan diri sebagai calon Wakil Bupati Nias Selatan pada Pilkada 2020 ini.

Di akhir sambutannya, dia menyampaikan bahwa masyarakat Daerah Pemilihan IV sudah cerdas dan dewasa dalam menentukan pilihan. Dengan yakin Firman Giawa meyakini bahwa masyarakat Dapil IV tidak membiarkan Pondasi yang baik saat ini dirusak oleh orang lain, dengan demikian Bapak/Ibu  pemilik hak suara dari Dapil IV yang berkisar  +/- 32.000, menyumbangkan suaranya kepada pasangan Hilarius Duha dan Firman Giawa di Pilkada Nias Sealtan 2020.

Dalam Acara Pengukuhan Tim Kampanye se-Dapil IV tampak dihadiri oleh ratusan tokoh masyarakat dari Dapil IV, Para Anggota DPRD dari Partai Pengusung, para mantan camat, mantan kepala sekolah, beberapa anggota Pemuda Pancasila dari tingkat kabupaten, serta beberapa tim kampanye HD-Firman dari kabupaten.

Di akhir acara Elisati Halawa, ST. Ketua Umum Tim Kampanye HD-Firman mengajakpeserta pertemuan berdiri seraya mengucapkan Yel….Yel… Pemicu semangat para Tim

👉 SIAPA KITA ~~ HD FIRMAN

👉 NIAS SELATAN~~S O L I D.

👉 HD FIRMAN ~~ MENANG

👉 HD FIRMAN~~~ ~ BOI LULU HEEE!

👉 DAPIL 4~ ~~ BERSATU


Comment