by

Daftar Obat Ampuh Atasi Sakit Gigi

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Obat sakit gigi bisa dibeli di apotik atau toko obat. Namun, ada bermacam-macam obat sakit gigi tersedia.

Berikut ini lima obat sakit gigi yang ampuh redakan nyeri:

1. Parasetamol. Obat sakit gigi pereda nyeri yang pertama adalah parasetamol.

Selain mudah didapatkan, baik di apotek maupun minimarket terdekat, obat sakit gigi yang bersifat analgesik ini juga ringan dan hampir tidak memiliki efek samping.

Minum parasetamol sebagai obat sait gigi dengan dosis 500 miligram (mg) setiap 6 jam sekali untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang akibat gigi berlubang.

3. Asam mefenamat. Obat sakit gigi pereda nyeri selanjutnya adalah asam mefenamat. Asam mefenamat dengan dosis 500mg sebagai obat sakit gigi diminum tiga kali sehari untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang.

Akan tetapi, asam mefenamat untuk obat sakit gigi perlu diwaspadai atau bahkan dihindari oleh pasien penyakit lambung. Meski bisa jadi obat sakit gigi, asam mefenamat bisa menyebabkan nyeri atau perih pada lambung.

Efek samping obat sakit gigi yang ini bisa ditekan dengan mengonsumsi makanan padat terlebih dahulu sebelum mengonsumsi asam mefenamat.

4. Sodium diklofenak. Obat sakit gigi ketiga adalah Sodium diklofenak.

Sodium diklofenak atau yang dikenal juga dengan sebutan natrium diklofenak adalah obat sakit gigi yang memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi.

Sodium diklofenak sering digunakan sebagai obat sakit gigi akibat infeksi gigi dan membantu pemulihan pasca operasi gigi. Selain bisa meredakan sakit gigi dengan intensitas sedang hingga berat, sodium diklofenak sebagai obat sakit gigi juga lebih efektif dalam menyembuhkan peradangan.

Obat sakit gigi ini harus dikonsumsi setelah makan dengan dosis 25-50mg sebanyak dua kali sehari. Akan tetapi, sodium diklofenak juga memiliki efek samping yang bisa menyebabkan sakit dan perih pada lambung. Baca Juga: Syarat pelaku usaha mikro mendapat pembebasan PPh Final

5. Dexamethasone. Obat sakit gigi keempat adalah dexamethasone.

Dexamethasone adalah obat steroid untuk meredakan peradangan. Obat sakit gigi ini biasanya dikonsumsi bersama obat lain seperti parasetamol. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efek antiinflamasi yang dikandung parasetamol.

Akan tetapi, obat sakit gigi ini mengandung steroid sehingga tidak baik dikonsumsi dalam waktu panjang. Konsultasi ke dokter gigi sebelum mengonsumsi obat Dexamethasone.

Comment