by

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha Kunjungi Rumah Keluarga Foarota Halawa


Nias Selatan, Mimbar Bangsa – Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., mengunjungi rumah keluarga Foarota Halawa, warga Desa Bawonahono, Kecamatan Fanayama, karena menurut informasi anak-anaknya mengalami putus sekolah yang dilatarbelakangi keterbatasan ekonomi.

Kunjungan Bupati ini berlangsung pada hari Selasa (28/01/2020) sekitar pukul 11.00 WIB. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah daerah terhadap keluarga Foarota Halawa agar keempat orang anaknya bisa kembali aktif di sekolah demi masa depan yang lebih cemerlang.

Turut hadir pada kunjungan Bupati itu, Kepala Dinas Pendidikan, Nurhayati Telaumbanua,S.Pd.,MM., Kepala Dinas Sosial, Intansani Haria,SE.,MM., Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Ir. Yudika Duha, Camat Fanayama, Arifman Fatizanolo Wau,SS.,MM., Kepala Desa Bawonahono, Petrus Hondro,S.Pd., dan Kepala UPTD SMP Negeri 5 Fanayama, Tarimae Ziraluo,AMd.

Dengan rasa simpati dan penuh prihatin Bupati Hilarius Duha langsung mengedukasi keluarga Foarota Halawa dan Mesalia Ziraluo (istri) yang memiliki empat orang anak dengan kondisi rumahnya masih berlantai tanah dan berdinding kayu serta penghasilan yang minim.

Melihat kondisi keluarga Foarota Halawa, Hilarius Duha meminta agar Kepala Desa, Camat, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman untuk memberikan perhatian khusus kepada keluarga tersebut dengan cepat dan tepat sesuai bidangnya masing-masing.

Kedatangan Bupati ini membuat Keluarga Foarota Halawa dan Mesalia Ziraluo beserta keempat anaknya terharu. Keempat anaknya bernama Yobe Halawa, Serius Halawa sebelumnya bersekolah di SMP Negeri 4 Fanayama, sedangkan Yudita Halawa dan Yusfina Halawa bersekolah di SD Negeri Bawonahono. Harapan keempat anak tersebut bisa melanjutkan sekolah seperti biasanya.

Kepala Desa Bawonahono, Petrus Hondro, mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah mengunjungi langsung kondisi warganya dengan harapan semoga perhatian instansi terkait bersama pemerintah Desa dapat terealisasi dengan baik.

Kepala Dinas Pendidikan, Nurhayati Telaumbanua, mengatakan akan memfasilitasi anak-anak tersebut agar dapat bersekolah kembali mulai besok, Rabu (29/01/2020). Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Sosial, Intansani Haria, bahwa akan memberikan bantuan untuk memberdayakan ekonomi keluarga Foarota Halawa. Bahkan ia menyatakan siap mengusulkan sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah. (timliputandiskominfonisel)


Comment

Related Post